Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Teknologi – Pertengahan Mei 2020 lalu Honor menghadirkan produk terbaru smartwatch di pasar Indonesia.

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Dibaderol dengan harga cukup terjangkau, Honor Watch Magic memiliki fitur yang cukup komplit, Smartwatch seharga Rp999.000 ini oleh Honor diposisikan berada di segmen tengah-tengah antara Honor Band 5 dan MagicWatch 2.

Honor Watch Magic merupakan besutan ketiga dari seri Honor Wearables, termasuk diantaranya adalah Honor MagicWatch 2 dan Honor Band 5 yang tengah hadir lebih dahulu di akhir tahun 2019 dan sold out selama periode preorder.

Selama dua pekan lebih saya pun sudah mencoba smartwatch besutan honor ini. Langsung saja kita kupas bagaimana Honor Watch Magic ini memiliki kemampuan.

Yang saya suka dari smartwatch besutan Honor ini adalah bentuknya yang mirip jam tangan konvensional. Memiliki bentuk bulat dengan dua buah tombol yang barada di sisi kanan.

Jam tangan pintar ini memiliki ketebalan sebesar 9,8mm dengan diameter totalnya berukuran 42mm, cukup pas untuk pergelangan tangan saya yang tidak terlalu besar.

Desain

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Rangka jam tangan pintar milik Honor ini memiliki bahan logam stainles steel yang tidak akan mudah berkarat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Untuk layarnya, smartwatch ini mengusung layar sentuh AMOLED sehingga memberikan tampilan yang nyaman di mata. Walaupun berada di bawah terik matahari, tampilan di jam tangan ini masih dapat terlihat dengan jelas..

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Untuk melekat di pergelangan tangan, Honor Watch magic dilengkapi dengan strap berbahan karet yang kualitasnya baik. Untuk unit yang saya pegang memiliki warna strap hitam pada bagian atas dan warna merah pada bagian bawahnya.

Fitur

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Untuk smartwatch dengan harga tidak sampai sejuta, fitur yang dimiliki Honor Watch Magic ini seperti yang saya sebutkan diatas cukup komplit. HONOR Watch Magic dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pelacak detak jantung dan olah raga.

Terdapat hingga 10 jenis pilihan olah raga, yaitu Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Climb, Outdoor Cycle, Indoor Cycle, Pool Swim, Open Water, Triathlon, dan Other bagi jenis olah raga lainnya. Karena mendukung mode renang, HONOR Watch Magic secara otomatis sudah tahan air hingga 50 meter (5ATM).

Dalam fitur Running Courses, jam tangan pintar ini akan memberikan paket olah raga lari dengan berbagai tujuan, misalnya bakar lemak atau MAF 180. Saat berolah raga, HONOR Watch Magic akan menampilkan berbagai data seperti jumlah kalori terbakar, detak jantung, VO2 Max dan lainnya.

Saya mencoba menggunakannya untuk berolahraga indoor cycle dan outdoor run serta berjalan. Pada saat digunakan untuk beraktivitas indoor cycle, Honor Watch Magic akan menunjukkan performa latihan kita apakah pada tahapan warm up, fat burning, aerobic ataupun extreme. Semua itu diindikasikan dengan berapa besar BPM detak jantung kita saat berolahraga.

Smartwach ini juga menghadirkan fitur notifikasi dan fitur wajib dalam sebuah smartwatch tidak terkecuali dalam HONOR Watch Magic, seperti Find My Phone, Weather, Barometer, Compass, Stopwatch dan lainnya, termasuk banyaknya pilihan watchface full color yang ditampilkan di layar sentuh AMOLED.

Antarmuka

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Honor Watch Magic menurut saya mempunyai disain antarmuka (UI) yang cukup sederhana dan fungsional. Di Home Screen menampilkan penunjuk waktu dan data aktivitas. Jika digeser ke kanan dan ke kiri akan menampilkan realtime heart rate, informasi cuaca dan ringkasan aktivitas.

Jika digeser ke bawah akan menampilkan beberapa menu pintasan. Sedangkan jika digeser ke atas akan menampilkan notifikasi pesan.

Sementara itu tombol atas jika ditekan akan menampilkan menu yag tersedia di Honor Watch Magic dan juga berfungsi sebagai start atau stop saat fitur workot diakses. Sedangkan tobol yang dibawah akan menampilkan fitur work out ketika ditekan.

Salah satu yang membuat jam tangan pintar ini nyaman digunakan adalah tersedianya fitur lock screen. Jadi kita tida perlu khawatir jam tangan ini akan mengakses menu-menu yang tidak disengaja.

Untuk mengunci layarnya bisa dilakukan dengan menyapu home screen ke bawah lalu pilih lock screen. Bisa juga dengan menekan tombol yang dibawah selema beberapa detik untuk mengunci ataupun membukanya.

Daya tahan Baterai

Review Honor Watch Magic Keajaiban Jam Tangan Pintar Harga Terjangkau

Honor Watch magic dibekali dengan baterai 178 mAh. Untuk penggunaan standar, perangkat ini mampu bertahan hingga dua pekan. Sedangkan untuk penggunaan yang cukup aktif, baterai samrtwatch ini mampu bertahan selama satu pekan.

Sedangkan berdasarkanpengalaman saya menggunakan jam tangan ini, baterainya mamou bertahan selama enam hari.

Saya menggunakannya hampir setiap hari untuk beraktivitas indoor cycle dan dua hari sekali untuk outdoor run dengan sensor detak jantungnya tetap saya nyalakan.

Untuk pengisian ulang baterainya, Honor Watch magic menggunakan magnetic charge yang dihubungkan dengan power kabel USB type-c.

Kesimpulan

Honor Watch Magic memberikan lebih dari harga yang ditawarkan, Bagi mereka yang memiliki budget terbatas namun ingin memiiki jam tangan pintar dengan fitur lengkap, smartwatch ini bisa jadi pilihan