Mengapa Tuas Gas Motor Ada di Sisi Kanan

Teknologi Motor – Bicara desain sepeda motor tiap brand pasti khas masing-masing untuk membedakan dengan kompetitor.

Mengapa Tuas Gas Motor Ada di Sisi Kanan

Namun pada beberapa sisi mereka semua punya kesamaan dan seolah sudah jadi kesepakatan bersama seperti salah satunya posisi tuas gas yang ada disisi kanan, Lalu mengapa seperti itu?.

Menjawab ini Head Of Safety Ridding Promotion Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani menuturkan posisi tuas gas disisi kanan berkaitan dengan bagian tubuh kanan yang lebih dominan.

Kebanyakan orang beraktivitas menggunakan tangan kanan, tentunya produsen motor sudah memperhitungkan dari kebiasaan tubuh manusia mengontrol sesuatu untuk digunakan.

Mengapa Tuas Gas Motor Ada di Sisi Kanan

Sementara bila menelisik dari sisi safety riding penempatan tuas gas disisi kanan untuk mempermudah pemilik mengoperasikan sepeda motor ari rem sampai mengatur kecepatan.

Ketika kita lebih terbiasa beraktivitas dengan tangan kanan, maka lebih mudah juga untuk mengoperasikan kendaraan itu. Orang kidal belajar motor pasti butuh waktu lama dibandingkan yang tidak kidal. Yang normal belum tentu bisa jika gas ada di kiri” timpal dia.

Secara garis besar alasan kenapa posisi tuas gas berada di tangan karena hal ini berkaitan erat dengan mayoritas orang yang dominan menggunakan tangan kaman, Tanpa mengesampingkan orang yang aktiv dengan tangan kiri.

Motor dengan gas di sebelah kiri :

Mengapa Tuas Gas Motor Ada di Sisi Kanan

Meski penempatan gas di sisi kanan sudah jadi lumrah pabrikan saat ini, tapi pada beberapa tahun silam militer di India mengendarai sepeda motor dengan tuas gas di sisi kiri.

Melansir RideApart, pengaplikasian gas di sebelah kiri agar petugas bisa mengontrol senjata dengan tangan kanan. Artinya, meskipun sedang berkendara mereka masih bisa menggunakan senjata api di atas motor.