Aturan Baru Ambil Foto di Instagram Orang Kini Perlu Izin Pengguna

Teknologi Media – Instagram mulai memperketat platformnya Kali ini, pengguna tak bisa sembarangan mengambil foto postingan pengguna lain meskipun masih saling mengikuti.

Aturan Baru Ambil Foto di Instagram Orang Kini Perlu Izin Pengguna

Aturan terbaru mengharuskan pengguna instagram meminta izin kepada pemilik foto. Ini erat kaitannya dengan hak cipta sang pemilik sebagaimana dilaporkan dari The Verge, Senin (8/6).

Tak hanya itu, aturan ini juga berlaku saat pengguna menautkan postingan pengguna lain, Artinya sebelum Kalian ingin mengembed suatu postingan, harus meminta izin kepada sang pemilik foto terlebih dahulu. Hal ini dikatakan Instagram melalui pernyataan resmi yang diberikan.

Kebijakan Instagram akan mengharuskan pihak ketiga untuk memiliki izin dari pemegang hak yang berlaku. Ini termasuk memastikan mereka memiliki lisensi atas berbagai konten yang diunggah bila hukum mewajibkan adanya lisensi jelas Juru Bicara Instagram.

Kabarnya, peraturan ini dibuat setelah kekalahan Newsweek dalam gugatan Fotografer bernama Elliot McGocken terkait hak cipta foto, Sebagai informasi, Newsweek dilaporkan telah menggunakan foto postingan dari Elliot tanpa izin untuk keperluan berita.

Dengan begitu, Instagram coba menemukan cara untuk mengontrol pengguna dalam mengambil postingan, salah satunya melalui peraturan di atas. Namun, sejauh ini, pengguna hanya bisa mengamankan foto miliknya dengan mengunggah secara private, tidak kepada publik.