Aplikasi Hand Wash Bikin Pengguna Samsung Galaxy Watch Teratur Mencuci Tangan

Teknologi – Salah satu cara untuk mencegah virus atau bakteri masuk ke tubuh kita rajin-rajinlah untuk mencuci tangan Bagi pengguna Galaxy Watch agar lebih teratur mencuci tangan bisa memanfaatkan aplikasi Hand Wash.

Aplikasi Hand Wash Bikin Pengguna Samsung Galaxy Watch Teratur Mencuci Tangan

Ada pepatah umum yang mengatakan bahwa dibutuhkan 30 hari untuk membuat sebuah kebiasaan Namun, ketika kebersihan pribadi menjadi hal penting praktik terbaik dari kebersihan harus melakukannya setiap hari dan pada akhirnya akan menjadi terbiasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales dan diterbitkan pada tahun 2015 oleh American Journal of Infection Control (AJIC) orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali per jam. Di mana ada 10 sentuhan di daerah mata hidung atau mulut yang jadi jalur masuknya bakteri atau virus.

Hubungan antara tangan dan wajah menjadikan mencuci tangan langkah paling mendasar untuk menjaga kebersihan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) bahkan menyebutnya sebagai vaksin do-it-yourself dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejak 2008, menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Global.

Untuk membantu orang-orang terbiasa mencuci tangan dengan benar, Samsung pada bulan April lalu telah meluncurkan aplikasi Hand Wash untuk pengguna Samsung Wearable, Aplikasi ini dapat diunduh di Galaxy Store bagi pengguna Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, dan Galaxy Watch Active2.

Aplikasi Hand Wash yang dikembangkan oleh Samsung bisa memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana dan seberapa sering, Pengguna harus mencuci tangannya Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mencari Hand Wash di bagian Watch di Galaxy Store.

Aplikasi Hand Wash Bikin Pengguna Samsung Galaxy Watch Teratur Mencuci Tangan

Untuk membantu pengguna agar bisa mencuci tangan dengan teratur, Hand Wash juga punya fungsi alarm. Pengguna dapat memilih tombol pengingat untuk menambah atau mengubah pengaturan waktu alarm. Misalnya, penguna dapat mengatur alarm setiap dua jam, sehingga mereka dapat mencuci tangan secara berkala dan lebih teratur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan dua kali lagu ‘Selamat Ulang Tahun’. Tapi tentu saja, bernyanyi atau bersenandung setiap kali pengguna mencuci tangannya tidak terlalu praktis.

Di sinilah fungsi hitung mundur dari Hand Wash berguna. Hitungan mundurnya adalah 25 detik, termasuk 5 detik untuk mengoleskan sabun dan 20 detik untuk menggosok. Setelah menerima pemberitahuan alarm untuk segera mencuci tangannya, pengguna dapat mengetuk dan menggeser Samsung Watch untuk memulai menghitung.

Meskipun mengatur alarm secara teratur adalah cara yang baik untuk mempertahankan kebiasaan mencuci tangan, tentu saja ada saat-saat di antara waktu tersebut pengguna harus menjaga kebersihan tangannya, seperti saat ke kamar mandi atau ketika menyiapkan makanan.

Tidak perlu bingung! Di dasbor aplikasi Hand Wash, pengguna dapat dengan mudah melacak berapa lama sejak terakhir mencuci tangan, serta meninjau jumlah target cuci tangan harian dan sudah berapa kali mencuci tangan sejauh ini dalam sehari.

Jika pengguna harus mencuci tangannya sebelum alarm pengingat berbunyi, pengguna cukup menekan tombol ‘Cuci sekarang’ sebelum mencuci tangan untuk menonaktifkan alarm yang akan datang. Selain itu, untuk membantu kebiasaan mencuci tangan, pengguna juga dapat memanfaatkan fungsi Pelacakan Tren Cuci Tangan.