Prosesor Intel Core S-Series tembus Kecepatan 5,3 GHz

Teknologi Komputer dan Laptop – Setelah dudului berbagai rumor dan bocoran Intel baru-baru ini meresmikan kehadiran lini Prosesor desktop generasi ke-10 (Coment Lake) besutannya yang dinamai Core S-Series.

Prosesor desktop generasi ke-10 dari terdiri dari serangkaian prosesor, mulai dari Celeron, Pentium Gold, Core i3, i5, i7, hingga i9. Model teratasnya adalah Core i9-10900K yang memiliki 10 inti CPU dan 20 thread. Kecepatan turbonya bisa mencapai 5,3 GHz, dengan base clock hingga 3,7 GHz. Intel mengklaim Core i9-10900K merupakan prosesor terkencang di dunia untuk keperluan bermain game, selain cocok bagi overclocker yang gemar memompa kinerja prosesor lebih tinggi lagi.

Prosesor i9-10900K memberikan pengalaman gaming terbaik, dengan lebih banyak kendali, multi-tasking lebih gesit, dan gameplay lebih mulus,” tulis Intel dalam sebuah pengumuman, Intel turut menyediakan Extreme Tuning Utility sehingga overclocker bisa menghidup-matikan hyperthreading di masing-masing inti CPU secara individual demi mengurangi panas.

Soal suhu, seri prosesor Core S-Series ini juga memiliki die CPU yang lebih tipis dan integrated heat spreader berbahan tembaga yang lebih tebal untuk menjaga temperatur. Prosesor desktop Intel generasi ke-10 Core S-Series akan mulai tersedia pada bulan Mei, dimulai dari model-model “K” yang memiliki multiplier tidak dikunci, sebagaimana.