Pendiri Linux, Beralih Ke AMD Setelah 15 Tahun Menggunakan Intel!

Teknologi Komputer dan Laptop – Nampaknya, lambat laun persepsi mengenai procesor AMD itu memiliki kualitas yang tidak bagus mulai bergeser. Dulu banyak kalangan yang menganggap remeh merk ini, namun untuk sekarang justru semakin banyak orang yang memuji dan menggunakan produk AMD, terlebih lagi setelah seri Ryzen diluncurkan.

Salah satu orang yang mulai mengakui kehebatan dari procesor AMD adalah sang pencipta sistem operasi Linux, yaitu Linus Torvalds. Hal ini bisa diketahui usai dirinya mengumumkan bahwa baru-baru saja mengupgrade PC miliknya.

Dalam penyataannya, ia mengatakan jika saat ini telah berpindah haluan dari yang sebelumnya menggunakan procesor Intel tetapi saat ini lebih memilih procesor AMD.

“Hal terseru untuk minggu ini adalah saya baru saja memperbarui CPU, dan untuk pertama kalinya dalam sekitar 15 tahun, desktop saya tidak berbasis Intel,” ungkap Torvalds.

Meskipun begitu, Torvalds tidak menyebutkan secara spesifik CPU Intel apa yang pernah dia gunakan sebelumnya, yang jelas, saat ini dirinya sedang menggunakan AMD Threadripper 3970x.

Bahkan, Torvalds juga mengatakan, bahwa setelah mengganti CPU miliknya, performa PC yang ia gunakan menjadi 3x lebih cepat dari sebelumnya.

“Test build ‘allmodconfig’ saya kini tiga kali lebih kencang dari sebelumnya,” ujar Torvalds.

Sedikit informasi, Ryzen Threadripper adalah sebuah prosesor dengan fabrikasi 7nm yang punya 32 core dan 64 thread dengan cache L3 berkapasitas 128 MB. Serta memiliki clock speed dasar prosesor 3,7 GHz dengan boost 4,5 GHz.