Google Play Music Bakal Ditutup Akhir Tahun Ini

Teknologi Media – Google mengkonfirmasi akan menghentikan aplikasi pemutar musik Google Play Music di ponsel Android dan iPhone, pada akhir tahun ini. Sebagai gantinya pengguna diarahkan untuk menggunakan Youtube Music.

Google Play Music Bakal Ditutup Akhir Tahun Ini

Perusahaan telah mengimbau pengguna untuk berganti ke Youtube Music dan meluncurkan tombol transfer cepat untuk memudahkan pengguna beralih. Seperti dilaporkan Tech Crunch, Namun untuk saat ini, perusahan memberi waktu bagi penggunanya, pengguna akan terus memiliki akses ke kedua layanan.

Dijelaskan perusahaan, pengguna punya waktu untuk mentransfer konten mereka dan terbiasa dengan Youtube Music. Perusahaan akan memberikan banyak pemberitahuan di depan pengguna yang tidak lagi memiliki akses ke Google Play Music akhir tahun ini.

Hal tersebut sebagai langkah, supaya pengguna Google Play Music dapat menikmati musiknya dan tidak kehilangan terlalu banyak.

Semua pengguna Google Play Music akan segera menerima email dengan instruksi terperinci tentang cara mulai mentransfer lengkap riwayat dan konten Google Play Music, serta Podcast, ke rumah baru mereka.

Untuk Podcast, Google akan mengarahkan pengguna untuk mencobai aplikasi Google Podcast, aplikasi yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

Menurut Google, prosesnya dapat memakan waktu beberapa detik atau hingga beberapa hari untuk menyelesaikannya. Setelah selesai, rekomendasi audio pengguna akan muncul di aplikasi Youtube Music.

Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik milik Google yang mirip dengan Spotify. Pengguna mendengarkan musik secara gratis tetapi diselingi iklan. Bila tak ingin ada iklan, pengguna bisa membayar biaya berlangganan.

Beda Youtube Music dari Spotify terletak dari adanya fitur pencarian bernama Google smarth search di Youtube Music yang memungkinkan pengguna mencari konten musik lewat kata kunci apapun.