Google Beri Akses Gratis Google Meet

Teknologi Media – Google secara resmi memberikan akses gratis pada layanan video telekonferensi, Google Meet. Sebagai informasi, sebelumnya Google Meet merupakan layanan berbayar milik Google.

Kini, pengguna tak perlu berlangganan, pasalnya fitur premium tersebut bisa diakses secara gratis hanya melalui akun Gmail. Menurut, Javier Soltero, Presiden Google, mengatakan bahwa akses gratis akan diberikan mulai 1 Maret, dan berlaku hingga 30 September 2020.

Setelah itu pembatasan di akun-akun non-premium akan kembali dilakukan, Seperti jumlah peseerta dan lama waktu panggilan, Sebagaimana dirangkum dari TheVerge, Namun saat ini pengguna bisa memanfaatkan fitur pertemuan gratis hingga 100 orang tanpa ada pembatas waktu.

Meski begitu Google memiliki prosedur yang sedikit rumit untuk mengundang partisipan dalam pertemuan virtual, Pengguna diharuskan untuk registrasi ke akun Google mereka dahulu, Google percaya langkah ini mampu mencegah terjadinya insiden Zoombombing, Layaknya yang terjadi pada Zoom, Yang memungkinkan siapa saja bisa masuk ke dalam rapat, Disis lain pengguna yang sudah masuk ke akun mereka juga harus mendapatkan konfirmasi terlebih dahulu oleh Host Google Meet.

Keamanan dua lapis yang dibuat Google terbilang wajar, lantaran insiden Zoom bimbing cukup mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak, rapat virtual yang digelar bisa saja hancur karena hadirnya orang tak dikenal dalam rapat.