Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Teknologi Media – Aplikasi perpesanan WhatsApp begitu melekat dengan aktivitas sehari-hari Tercatat jumlah pengguna WhatsApp di dunia mencapai 2 miliar per bulannya.

Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Hal ini terbilang wajar mengingat beragam aktivitas bisa dilakukan melalui WhatsaApp, Selain mengirim pesan teks, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk bertukar file berupa Foto, VIdeo hingga sebuah dokumen.

Namun sayangnya akun WhatsApp hanya tertuju pada satu perangkat saja, Apabila berpindah ke perangkat lain pengguna harus memulai dari obrolan dari awal, Sehingga file yang berupa Foto, Video dan Dokumen juga harus dipindahkan secara manual, Hal ini lantaran riwayat obrolan beserta dokumen tak akan muncul pada perangkat lain, meski pengguna mengakses WhatsApp dengan akun yang sama.

Pengguna tak perlu khawatir data akan hilang. Sejauh ini, solusinya adalah melakukan transfer pesan WhatsApp. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan obrolan ataupun mendapatkan kembali media dari perangkat sebelumnya. Terlebih, transfer pesan juga memungkinkan beralih perangkat dengan sistem operasi berbeda, seperti Android ke iOS ataupun sebaliknya, Lantas bagaimanaMelakukan Transfer WhatsApp?

Transfer Pesan melalui Email

Meskipun tergolong mudah, metode ini mentransfer obrolan dengan ektensi txt, sehingga riwayat obrolan tersebut tetap tidak bisa dilihat melalui WhatsApp. Sangat disayangkan pengguna harus membukanya secara terpisah.

Pengguna juga tidak bisa melakukan transfer pesan secara masal, karena harus mengekspor obrolan secara satu per satu di setiap kontak WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

1. Di perangkat Android buka WhatsApp, Buka pengaturan dan klik pengaturan obrolan kemudian klik Obrolan Email.

2. Selanjutnya, Pilih percakapan atau riwayat WhatsApp yang ingin Anda transfer. Nantinya, Jendela pop-up bertuliskan melampirkan media akan menghasilkan pesan email yang lebih besar” akan muncul. Anda dapat mememilih ‘Tanpa media atau Lampirkan Media sesuai dengan kebutuhan.

3. Masukan Alamat Email yang ingin di tuju dan kemudian klik kirim.

4. Terakhir setelah mengirim, sekarang Anda dapat masuk ke email Anda di iPhone baru Anda. Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp Anda di akun email Anda, tetapi Anda tidak akan dapat menyinkronkan pesan ke akun WhatsApp Anda.

Memanfaatkan WhatsApp Backup

WhatsApp juga menyediakan fitur cadangkan pesan. Khusus Ponsel Android mencadangkan dan memulihkan WhatsApp dengan Google Drive. Sedangkan, iPhone mengembalikan WhatsApp dari cadangan iCloud.

Dengan begitu, metode ini tidak memungkinkan pengguna mentransfer pesan WhatsApp dari Android ke iOS. Hanya bisa dilakukan dengan satu ekosistem, seperti Android dengan Android dan iOS dengan sesama iOS. Selain itu, Metode transfer pesan ini berlaku pada satu perangkat yang sama.

Berikut paduannya:

Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

1) Buka Obrolan Cadangan cadangan dan aktifkan opsi Cadangkan ke Google Drive. Klik tombol CADANGAN

2) Cadangkan WhatsApp ke Google Drive di Android

3) Hapus dan instal WhatsApp dari play store

4) Verifikasi WhatsApp menggunakan nomor telepon yang sama dan pulihkan dari cadangan sesuai petunjuk.