6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Teknologi – Kalian gemar berolahraga, seperti jalan kaki lari bersepeda atau berenang? Tidak ada salahnya jika kalian juga memonitor aktivitas kesehatan tersebut menggunakan smartband Agar olahraga yang kalian lakukan tidak sia-sia.

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Olahraga saat ini sudah jadi sebuah gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat modern. Bisa kita lihat, di akhir pekan tak sedikit orang-orang yang meluangkan waktunya untuk berolahraga. Mulai dari lari, jalan kaki, bersepeda hingga aktivitas olahraga lainnya bisa dilakukan di sekitar rumah.

Manfaatnya sudah jelas, olahraga akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar. Ketika memiliki tubuh yang bugar, kita pun bisa lebih produktif untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Tidak hanya itu, badan yang bugar karena berolahraga membuat kita bisa terhindar dari banyak penyakit. Itu yang lebih penting!

Nah Saat berolahraga ada baiknya kita juga bisa mengetahui banyak hal apa saja yang sudah kita peroleh. Contohnya, ketika lari atau jalan pagi di sekitar rumah, berapa langkah yang sudah kita tempuh. Atau saat bersepeda, sudah seberapa lama kita mengayuh.

Itu semua bisa kita monitor lewat perangkat wearable yang saat ini mulai trend, apalagi jika bukan smartband. Di pasar Indonesia, setidaknya ada lima pabrikan yang resmi menjual smartband. Kelima pabrikan tersebut adalah Xiaomi, Samsung, Huawei, realme dan Honor.

Xiaomi Mi Band 4

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Bisa dibilang, Xiaomi adalah salah satu pionir yang turut memperkenalkan smartband di pasar Indonesia. Ya! Smartband terakhir yang mereka perkenalkan ke hadapan konsumen di Tanah Air adalah Mi Band 4. Datang sebagai smartband generasi ke-4, tentu saja perangkat wearable ini memiliki segudang fitur menarik di dalamnya.

Mi Band 4 memiliki layar AMOLED dengan ukuran 0,95 inci. Xiaomi pun saat memperkenalkan smartband ini di pasar Indonesia sesumbar bahwa layar Mi Band 4 mampu menyajikan informasi yang jelas meskipun pengkat ini dipakai oleh pengguna di bawah terik matahari.

Untuk catu daya, Xiaomi membekali Mi Band 4 dengan baterai 135 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 20 hari dalam sekali pengisian. Nah! Berbicara mengenai fitur terbaru yang ada pada smartband ini, Xiaomi telah menyelipkan fitur tracking mode untuk aktivitas berenang.

Mode ini bisa memonitor jarak yang sudah ditempuh, waktu, jumlah ayunan tangan, termasuk fitur SWOLF yang bisa mengukur efisiensi berenang. Tidak ketinggalan, Xiaomi juga sudah melengkapinya dengan fitur untuk memantau denyut jantung dan memantau kualitas tidur.

Mi Band 4 juga memiliki fitur pengunci otomatis ketika dilepas dari pergelangan tangan pengguna. Untuk desainnya, Mi Band diklaim ringan dengan bobot hanya 22,1 gram. Ada lima warna yang tersedia yakni Biru, Hitam, Merah, Merah Muda, dan Oranye.

Harga: Rp419.000

Samsung Galaxy Fit & Samsung Galaxy Fit-e

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Smartband lainnya yang juga bisa kalian beli untuk menjadi teman berolahraga adalah Galaxy Fit-e dan Fit yang diproduksi oleh Samsung. Ya! Samsung pun secara resmi membawa kedua smartband tersebut ke pasar Indonesia pada pertengahan tahun lalu.

Datang sebagai fitness tracker, Galaxy Fit dan Fit-e tentunya ada beberapa perbedaa. Satu yang cukup mencolok adalah desainnya. Galaxy Fit memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat ketimbang Galaxy Fit-e. Namun di sisi lain, Galaxy Fit-e memiliki pilihan warna yang lebih banyak dibandingkan saudaranya itu.

Perbedaan lainnya adalah sektor layar yang disematkan. Galaxy Fit yang dijual lebih mahal datang dengan layar AMOLED berwarna, sementara Galaxy Fit-e memakai panel layar PMOLED monokrom. Ukuran layarnya juga berbeda, Galaxy Fit berukuran 0,95 inci dan Fit-e hanya 0,74 inci.

Berbicara mengenai sensor yang disematkan, ketimbang Galaxy Fit-e, dukungan sensor yang ada di dalam Galaxy Fit terbilang lebih lengkap. Selain sensor akselerometer dan sensor detak jantung, Galaxy Fit juga sudah dilengkapi dengan Gyroscope.

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman BerolahragaSelain itu, Galaxy Fit juga sudah dibekali baterai yang sedikit lebih besar, yakni 120 mAh. Sementara, Galaxy Fit-e hanya punya baterai berkapasitas 70 mAh. Punya dukungan baterai seperti itu, Samsung mengklaim bahwa Galaxy Fit bisa digunakan hingga 8 hari, sedangkan Galaxy Fit-e sekitar 7 hari.

Ketika Galaxy Fit dan Fit-e terhubung dengan smartphone, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur notifikasi. Selain notifikasi muncul di layar, keduanya juga memiliki notifikasi getaran. Hanya saja, Galaxy Fit sudah dlengkapi fitur untuk membalas pesan yang masuk, sementara Fit-e tidak dilengkapi fitur tersebut.

Harga: Rp1.799.000 (Galaxy Fit) & Rp699.000 (Galaxy Fit-e)

Huawei Band 4

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Ikut ramaikan wearable di Indonesia, Huawei memperkenalkan Huawei Band 4. Smartband ini diperkenalkan oleh Huawei pada bulan Oktober tahun lalu. Berbeda dengan seri terdahulunya yang sarat dengan fitur bisnis, Band 4 menawarkan fitur daily fitness monitoring, asisten olahraga, dan “hidup yang nyaman”.

Smartband ini juga menawarkan inovasi sistem manajemen olahraga cerdas dengan pemantauan detak jantung yang lebih akurat dan pendeteksian saturasi oksigen. Selain itu, Band 4 dikemas oleh Huawei dengan mengadopsi teknologi plug and charge, dimana perangkat tersebut dapat diisi baterainya dengan menggunakan USB apapun.

Di sisi desain, Huawei Band 4 ini terlihat ada peningkatan kualitas yang signifikan. Ya! Huawei telah memasangkan layar besar berwarna dengan ukuran 0,96 inci dengan grafik kroma dan kontras yang lebih baik. Menariknya, dapat menampilkan hingga 35 karakter dalam satu layar secara bersamaan.

Huawei juga menyematkan fitur Huawei TruSeen 3.5 Heart Rate Monitoring ke dalam Band 4. Selain itu, ada sembilan mode olah raga yang didukung oleh Huawei Band 4. Tak ketinggalan, smartband ini juga telah dilengkapi dengan teknologi TruSleep 2.0 yang akan membantu pengguna menilai kualitas tidurnya.

Harga: Rp359.000

Honor Band 5

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Saudara dekat Huawei, Honor pun tak mau ketinggalan dengan memperkenalkan Honor Band 5. Ya! Honor memperkenalkan smartband yang dikembangkannya itu ke pasar Indonesia pada bulan Oktober tahun lalu. Tidak berbeda dengan Huawei Band 4, smartband besutan Honor ini juga telah dilengkapi segudang fitur menarik.

Salah satu fitur yang turut dimuat oleh Honor ke dalam Honor Band 5 adalah SpO2. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah, sehingga pengguna bisa memantau bagaimana tubuh mereka beradaptasi ketika berolahraga di beragam tempat.

Punya desain yang elegan, smartband ini juga sudah dibekali layar AMOLED berwarna dengan luas bentangan 0,95 inci. Ada juga dukungan tombol kapasitif dan strap berbahan karet. Meski layarnya mungil, smartband ini mampu menamplkan berbagai informasi pentng, seperti tanggal, baterai, notifikasi hingga jumlah langkah kaki.

Daya tarik lainnya, antarmuka (watch face) smartband ini pun bisa diganti sesuai dengan selera pengguna. Untuk menggantinya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu menginstall Huawei Health di smartphone yang dapat didownload melalui Google Play Store atau Huawei App Gallery.

Honor Band 5 juga mampu merekam beragam gerakan atau gaya renang. Tidak hanya itu, wearable ini juga bisa menyajikan informasi mengenai jarak yang sudah ditempuh, waktu, jumlah ayunan tangan dan efesiensi dalam berenang (SWOLF).

Honor mengklaim perangkat ini tahan air hingga kedalaman 50 meter. Selain berenang, ada 9 mode perekaman aktivitas lain yang bisa pengguna manfaatkan, seperti aneka olahraga indoor, senam, berlari, hingga bersepeda. Smartband ini juga punya fitur pendeteksi detak jantung secara real-time dan fitur untuk memantau kualitas tidur.

Lalu, bagaimana dengan catu daya yang ada di dalam smartband ini? Honor Band 4 mampu bertahan hingga dua minggu dalam sekali pengisian. Ketika baterainya habis, smartband ini bisa diisi dayanya melalui konektor khusus yang dibekali dengan port micro USB.

Honor Band 5 ini juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan, seperti pengendali pemutar musik, pengendali kamera, NFC, Phone Finder, dan notifikasi. Apabila smartband ini telah tersambung dengan smartphone maka kalian bisa mengendalikan pemutar musik tersebut langsung dari Honor Band 5.

Harga: Rp399.000

Realme Band

6 Smartband Resmi yang Bisa Jadi Teman Berolahraga

Smartband resmi lainnya yang cocok untuk menjadi teman berolahraga adalah realme Band. Ya! Smartband ini terbilang baru, karena diperkenalkan di pasar Indonesia pada bulan April lalu dan datang dengan layar berwarna berukuran 0,96 inci serta dukungan USB Direct Charger.

realme Band hadir dengan layar warna besar 0,96 inci, yang mampu menampilkan lebih dari 65.000 warna untuk memeriksa data pengguna seperti waktu, langkah, dan pemberitahuan aplikasi secara menarik dan dinamis. realme Band juga dapat menampilkan karakter sebanyak 64 huruf pada satu halaman.

Daya tarik lainnya, realme Band juga membawa fitur tombol sentuh, memungkinkan layar untuk dioperasikan dengan mudah dan intuitif. Layar besar penuh warna dari realme Band ini diklaim akan menawarkan pengalaman menggunakan smartband yang eksklusif di segmennya.

Sensor detak jantung optik PPG presisi tinggi secara akurat mengukur denyut jantung real-time setiap 5 menit secara otomatis, memungkinkan pengguna mengawasi kesehatannya. Melalui sensor detak jantung optik PPG bawaan, cahaya dari Band dapat mencapai kulit, kemudian cahaya dipantulkan dan diterima melalui sensor Band.

Dukungan USB Direct Charger juga menjadi hal yang unik dari realme Band. Pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencari kabel pengisian daya. Tarik tali silicon dan pengguna siap untuk mengisi daya smart band ke pengisi daya USB standar apa pun untuk mengisi baterai. realme Band dilengkapi dengan baterai 90 mAh.

realme Band dapat menerima hampir semua pemberitahuan aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai (Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, SMS). Pengguna akan lebih nyaman untuk melihat konten pesan telepon pada layar realme Band secara langsung.

realme Band mendukung 9 mode olahraga yang mencakup hampir semua olahraga paling populer seperti berjalan, berlari, yoga, dan banyak lagi. Mode ini juga mendukung alarm detak jantung untuk mengingatkan pengguna jika denyut jantung terdeteksi melebihi nilai tertentu ketika pengguna berolahraga.

Dengan melacak pergerakan dan detak jantung, algoritma dapat secara cerdas menganalisis kualitas tidur dan menghasilkan laporan yang membantu pengguna mengetahui lebih banyak tentang pola tidurnya. Setelah duduk dalam jangka waktu yang lama, realme Band akan secara otomatis mengingatkan pengguna untuk bergerak.

Terdapat 5 opsi watch face untuk realme Band dimana pengguna cukup memilih dan mengubah ke watch face favorit melalui aplikasi realme Link. Hadir dengan dua pilihan warna yang bergaya, hitam dan hijau, memberikan lebih banyak pilihan bagi anak muda agar sesuai dengan gaya hidup fesyen mereka.

realme Band hadir dengan sertifikasi IP68, yang berarti terlindungi dari kotoran, debu, pasir, dan air. IP68 berarti realme Band dapat mencegah masuknya benda-benda eksternal dan memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh perendaman.

Tersedia di Google PlayStore, aplikasi realme Link adalah pusat aplikasi untuk menghubungkan smartphone realme dan produk AIoT, termasuk empat pilar produk AIoT lainnya: layar pintar, speaker pintar, jam tangan pintar, dan headphone pintar. Antarmuka realme Link juga sangat mudah dimengerti dan dioperasikan oleh pengguna.

Harga: Rp399.000