Ini 3 Keunggulan Utama Chipset Qualcomm Snapdragon 865

Teknologi – Sebagai chipset premium milik Qualcomm Snapdragon 865 mendukung 3 fungsi utama dari smartphone yaitu kamera gaming dan Artificial Intelegent (AI) Keunggulan ini dipaparkan langsung oleh Dominikus Susanto selaku Business Development Qualcomm.

Ini 3 Keunggulan Utama Chipset Qualcomm Snapdragon 865

Menurut Susanto ketiga fungsi tersebut sekaligus menjadi pembeda bagi Qualcomm Snaprdragon 865 dibandingkan dengan chipset versi lainnya, Kamera Gaming AI adalah hal-hal menjadi pembeda utama dari Qualcomm Snapdragon 865 melalui live conference.

Perwakilan dari Quallcomm itu juga turut menjelaskan setiap lini pertama diisi kamera Snapdragon 865 memiliki Qualcomm Spectra 480CV-ISP adapun otak tersebut membantu pemprosesan gambar menjadi leboih efissien dan cepat berkat 4 pixel per Clock Cycle pun mengurangi noise saat memotretan dengan situasi Low Light.

ISP juga membantu power saving sebesar 16 persen disertai dengan peningkatan tekstur dan detail dari sensor 18 persen warna yang dihasilkan juga sudah 10 Bit HDR yang menawarkan hingga 1 miliar warna, Kedua fungsi gaming yang didukung dengan GPU Andreno 650 menurut Susanto, otak gaming tersebut menjadi yang paling canggih milik Qualcomm saat ini.

“Qualcomm itu Adreno 650 yang paling tinggi, secara overall meingkat 25 persen. Namun, rendah daya konsumsi sebesar 35 persen,” tuturnya.

Menariknya, Adreno 650 memiliki fitur Deskstop Forward Rendering. Fitur ini mendukung pemrosesan gaming dengan hasil realistis dalam sebuah smartphone.

“Ini adalah metoda yang jamak digunakan untuk menghasilkan game yang realistis, itu semua mampu ditampilkan oleh Adreno 680 ini” jelas Susanto.

Selain itu, Adreno 650 ini memiliki refresh rate hingga 144Hz, yang mampu menampilkan objek bergerak dalam game menjadi lebih Smooth tanpa flicker.

Sementara, terkait dengan AI sudah mencapai generasi ke 5. Sehingga, kemampuan AI pada Snapdragon 865 meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan Snapdragon 855. Misalnya, pada kemampuan analisis objek seperti makanan, lingkungan, dan lain-lain. Dalam satu kali proses AI, Snapdragon 865 akan bisa mencapai 15 Trilliun operation persession (tops).

Selain itu, ada blok baru yakni sensing hub, yang bisa dimanfaatkan untuk kamera smartphone agar bisa always on hanya dengan power dibawah 1mu dan microphone yg always on.

Tujuannya untuk low-power camera (memudahkan transaksi menggunakan digital payment, context (bisa digunakan untuk membantu orang tua dalam parenting dan bisa otomatis memutar lagu untuk aplikasi baby monitor), security (untuk membuka smartphone menggunakan analisis kamera), health&fitness, safety.

Sebagai informasi, keberadaan chipset Snapdragon 865 5G di Indonesia baru ada dalam smartphone Flagship Oppo, yaitu Find X2 Series. Tak menutup kemungkinan ke depannya, bakal ada smartphone lain yang bakal menyusul untuk mengusung prosesor milik Qualcomm tersebut.