FaceBook Siap Meluncurkan Messenger Room yang Nanti Akan Saingi Zoom

Teknologi Media – Pertumbuhan Zoom yang begitu pesat sebagi aplikasi meeting online di masa pandemi COVID-19 membuat FaceBook melahirkan Messenger Room dikatakan Messenger Room bisa menampung hingga 50 orang dalam satu pertemuan online dan tanpa batas.

Pandemi COVID-19 alias Virus Corona yang menyebar di sejumlah negara memaksa banyak orang untuk tinggal dirumah, Semua aktivitas mulai dari bekerja belajar dan beribadah dilakukan dari dalam rumah, Tidak terkecuaki ini juga dirasakan oleh masyarakat indonesia.

Bekerja di rumah ketika ingin menggelar pertemuan dengan rekan sekantor mereka pun memanfaatkan aplikasi meeting, Saai ini aplikasi meeting yang begitu populer digunakan banyak orang adalah Zoom dan aplikasi itu pun langsung tumbuh pesat.

Melihat Zoom yang secara tiba-tiba tumbuh begitu pesat, FaceBook pun tak mau tinggal diam, Raksasa teknologi yang dinakhodai oleh Mark Zuckerberg ini baru saja melengkapi FaceBook Messenger dengan fungsi obrolan video tanpa batas baik dalam jumlah total orang diizinkan berpertisipasi maupun persyaratan memiliki akun FaceBook.

Fungsi obrolan video yang dimaksud adalah Messenger Room, Hadirnya Messenger Room pengguna dapat menjadi Host untuk mengundang hingga lima puluh orang dan mereka yang tidak memiliki akun FaceBook masih dapat bergabung, Peserta yang diundang akan menerima tautan untuk masuk ke Room yang telah dibuat oleh Host.

Dengan satu klik mereka yang diundang kemudian dapat bergabung ke dalam ruang percakapan seperti halnya Zoom, Satu hal yang menarik di Messenger Room tidak memiliki batas waktu selain itu saat peserta bergabung dengan Room melalui aplikasi Messenger, Kalian dapat bermain dengan efek AR dan fitur baru seperti latar belakang.

Host sebagai pembuat Room dapat memilih siapa saja yang dapat melihat dan bergabung, Selain itu juga dapat menghapus siapa saja dari panggilan kapan saja serta mengunci Room jika mereka tidak ingin orang lain masuk dan tentu saja peserta yang diundang dapat meninggalkan Room kapan pun ia mau.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari fitur Room tidak dienkripsi end-to-end, Karena ada tantangan signifikan untuk menyediakan enkripsi semacam itu bagi panggailan video yang didalamnya ada banyak orang, Namun FaceBook mengatakan sedang aktiv bekerja ke sana untuk menghadirkan keamanan yang lebih optimal.

Sementara itu kontent Room akan dienkripsi antara oeserta dan server FaceBook yang ditempatkan hanya beberapa negarayang memiliki aturan hukum yang kuat, FaceBook juga berjanji tidak menonton atau mendengar panggilan audio atau video yang sedang berjalan.

Di beberapa negara Messenger Room akan diluncurkan minggu in, Dan akan berkembang secara luas di lebih banyak negara dalam beberapa minggu mendatang, Lalu apakah nantinya Messenger Room ini dapat bersaing dengan Zoom?Tentu saja kita beru akan melihat keberhasilan =nya dalam beberapa bulan kedepan.