Ini Alasan Prosesor Helio P90 Milik Reno3 Diklaim Tercepat

Teknologi – Oppo kembali menggebrak pangsa pasar smartphone Indonesia. Pasalnya, brand teknologi itu membawa ponsel yang digadang-gadang sebagai ‘Flagship Killer’, yakni Oppo Reno3. Meluncur dengan harga Rp5,1 juta, Reno3 sudah didukung oleh chipset MediaTek Helio P90.

Ini Alasan Prosesor Helio P90 Milik Reno3 Diklaim Tercepat

Oppo mengklaim prosesor itu menjadi yang tercepat pada segmennya. Namun, sebenarnya, seberapa cepat prosesor MediaTek Helio P90 milik Reno3? Berikut ulasannya.

Untuk mengetahuinya, kita bisa mengecek melalui situs resmi MediaTek. Dalam situs itu, Mediatek P90 berhasil memimpin peringkat pada aplikasi AI benchmark ETHZ dengan skor 25.645. Sehingga, Platform MediaTek Helio P90 adalah yang tercepat dalam pemrosesan AI di smartphone.

Adapun Benchmark ETHZ itu sendiri bekerja secara komprehensif menguji kinerja AI di sejumlah tugas, termasuk pengenalan objek/klasifikasi, pengenalan wajah, pengecilan gambar, Super-Resolusi Gambar, segmentasi gambar semantik dan peningkatan gambar semantik.

Ini Alasan Prosesor Helio P90 Milik Reno3 Diklaim Tercepat

Sementara, khusus di Oppo Reno3, Peningkatan Foto banyak memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dalam sistemnya. Kinerja AI telah menjadi sangat penting pada Reno3 terutama pada sisi fotografi dan pengambilan video. Dengan kehadiran porsesor AI khusus pada 90 yang bertugas memproses tugas-tugas AI serta hanya memerlukan lebih sedikit/ data jaringan, membuat perangkat Reno3 lebih rendah daya.

Selain itu, Chipset MediaTek Helio P90 juga mendukung RAM hingga 8 GB dengan jenis LPDDRX, sama seperti yang digunakan pada Reno3. Chipset ini juga mendukung memori berjenis UFS 2.1. untuk urusan kamera, yang mampu mendukung kamera beresolusi hingga 48MP, atau konfigurasi dual kamera 24 MP + 16 MP dan perekaman video beresolusi FUll HD dengan aspek rasio 21:9.

Ini Alasan Prosesor Helio P90 Milik Reno3 Diklaim Tercepat

Sebagai informasi, Reno3 unggul dengan lensa Quad Camera 48MP disertai lensa Telefoto 13MP dan Ultrawide Angle 8MP, lensa mono 2MP. Artinya, kesesuaian lensa dengan platform MediaTek Helio P90, dapat mendukung prosesor untuk bekerja dengan maksimal dalam perangkat Reno3. Sehingga, disisi performa chipset tak diragukan lagi kinerja AI-nya.