Warga China Dilarang Memasuki Pameran Otomotif India, Bagaimana Dengan RI?

Teknologi, Teknologi Otomotif – Seiring dengan merebaknya virus corona di China, pemerintah India memberlakukan kebijakan ketat dengan melarang warga Negara China untuk mengunjungi pameran otomotif di India yang digelar pada waktu dekat ini. Bagaimana di Indonesia?

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan digelar pada April nanti di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. PT Dyandra Promosindo selaku pihak si penyelenggara pameran tersebut itu juga tidak menutup mata kepada fenomena corona.

Disampaikan langsung oleh Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, mengenai pelarangan warga China untuk berkunjung ke IIMS 2020, pihaknya akan mengikuti aturan dari pemerintah.

“Jika kita mengikuti kebijakan pemerintah. Karena China ini tidak bisa dikatakan salah satu partner kami di IIMS dari (zaman-red) terseok – seok dulu. Jika aturan pemerintah (mengatakan-red) bahwa (corona-red) ini begitu membahayakan ya kita ikut dong. Namun jika inisiatif kita, ya jangan dong, kan itu sahabat kita. Masako rang lagi kena musibah, disini kitanya stop,” kata pria yang sering disapa Kohen, kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (12/02).

Sambung Kohen mengatakan, sejauh ini belum ada kabar dari pemerintah Indonesia mengenai larangan warga China untuk mengunjungi pameran otomotif di Indonesia.

“Belum ada mengenai hal tersebut. Yang saya ketahui permasalah China secara inisiatif sendiri membatalkan beberapa pameran internasionalnya dia dan melarang dulu delegasinya ikut mengungjungi acara-acara (otomotif-red), termasuk juga dengan turis-turisnya,” sambungnya.

Sementara buat merek – merek otomotif China yang sudah eksis di Indonesia seperti Wuling dan DFSK, mengkonfirmasikan akan mengikuti acara pamerah IIMS 2020.

“Mereka sudah mengatakannya. Karena kan ya mereka (pabriknya dna manajemennya-red) sudah di sini,” terang Kohen.

Pamerah otomotif tahunan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020 akan segera dilangsungkan pada tanggal 9 – 19  April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Lebih dari 20 agen pemegang merek (APM) otomotif roda empat dan roda dua dikonfirmasi buat mengikuti pameran otomotif pembuka tersebut.