Ini Alasan Orang – Orang Lebih Memilih Motor Skutik daripada Motor Bebek

Teknologi, Teknologi Motor – Pertama kali skuter matik di Indonesia hadir di awal tahun 2000-an, mungkin saja banyak yang tidak terpikirkan akan seperti ini perkembangannya hari ini. Tanpa harus melihat dengan jelas pada data di atas kerta, semua orang mengetahu jika skuter matik sudah mendominasi jalan raya. Dan motor bebek hanya terlihat beberapa kali.

Lantas faktor apa yang membuat konsumen sangat tertarik sekali dengan skuter matik dari pada motor bebek? Disampaikan langsung oleh Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Anton Widiantoro, terdapat beberapa faktif yang membuat mengapa banyak sekali orang yang tertarik mengendarai motor skutik daripada bebek?

Setidaknya ada 4 nilai jual motor skutik yang lebih unggul jika dibandingkan pada motor bebek. Pertama adalah mengenai kepraktisan. Motor skutik mempunyai kepraktisan lebih baik dibandingkan dengan bebek. Misal dari sisi operasional motor skutik dapat digunakan siapapun.

“Orang tidak perlu dulu belajar motor (dengan serius-red). Tinggal tancap gas doang sudah bisa jalan. Itu yang membuat orang lebih memilih motor skutik,” pungkas Anton.

Sambung faktor kedua adalah mengenai fungsionalitasnya. Seperti yang dikentahui, masyarakat Indonesia cenderung memandang bahwa kendaraan tidak sekadar alat transportasi manusia, melainkan juga seperti barang.

Motor skutik mempunyai keunggulan tersebut karena mempunyai bagasi yang luar ditambah dek lapang. Orang Indoensia biasanya menggunakan dek skutik buat mengangkut galon air atau tabung gas 3 kg. Selain itu, kompartemen di bawah jok biasanya juga cukup besar, bisa menampung helm dan barang – barang lainnya.

Faktor ketiga ialah mengenai mobilitas atau pergerakannya. Dengan diameter roda lebih kecil, memungkinkan pengendara skutik lebih lincah ketika menembus kemacetan.

Alasan ke-empat adalah persoala harga. Harga motor bebek sekarang ini sudah hampir mendekati harga motor skutik. Tapi dengan harga lebih mahal sedikit, motor skutik memiliki banyak kelebihan yang sudah ditawarkan.

Sebagai contoh, model motor bebek yang sangat murah Yamaha Vega Force, dibanderol Rp 16.530.000,-. Dengan harga tersebut motor ini memiliki kapasitas mesin sebesar 115 cc, bagasi 9,2 liter dan kapasitas tangka bahan bakar sebanyak 4 liter.

Sementara dengan model skutik termurah Yamaha All New Soul GT KS yang dijual dengan harga Rp 17.300.000 sudah dibekali dengan tenaga meskin 125cc Blue Core, dengan kapasitas bagasi sebesar 14 liter, tangki bahan bakar sebanyak 4,2 liter. Lebih mahal sedikit, tapi secara spek mesin dan fitur lebih banyak unggul.