5 Cara Mengatasi  Kinerja Laptop yang Semakin Lemot

Teknologi, Teknologi Komputer dan Laptop – Notebook atau laptop sudah menjadi sebagian dari aktivitas sehari – hari manusia, terutama bagi mereka yang sebagian masyarakat yang bekerja menggunakan perangkat tersebut.

Dengan karena itu, performa laptop yang semakin lambat pastinya akan begitu berpengaruh dengan aktivitas atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Hal tersebut pastinya akan begitu menyebalkan sekali dan membuat kita semakin tidak nyaman untuk menggunakanny. Namun tenang saja, permasalah kinerja dari laptop yang semakin berkurang ini tidak selalu berkaitan dengan hal teknis.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para  pengguna membuat laptop atau notebook tersebut menjadi lebih cepat dari sekarang ini. Bagaimana caranya?

Tanpa harus panjang lebar, berikut ini adalah 5 cara yang sangat mudah sekali untuk mempercepat performa desktop lama sebagaimana diambil dari Fox News, Selasa (11/02).

  1. Membersihkan Ikon yang ada di Layar

Meletak banyak sekali aplikasi di desktop juga merupakan salah satu kendala laptop lemot dalam merespon perintah dari user. Selain itu, dipastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop yang sedang dalam aktivitas startup.

Berusaha jangan terlalu banyak aplikasi yang dijalankan, karena itu akan menjadi kendala laptop lemot. Karena aplikasi tersebut menjadi working in background, yang secara diam – diam menguras penggunaan RAM.

  1. membersihkan Cache dan Cookies

Cache atau Cookies merupakan file sementara yang dibuat pada system ketika kamu mengunjungi situs web. Ada baiknya bila anda selalu rutin untuk membersihkan file –file ini dengan rutin agar OS dapat berjalan dengan efisien.

  1. Menghapus File yang Tidak Digunakan

Sebanyak ribuan dokumen, download-an dan foto yang menumpuk di hardisk bisa menjadi kendala yang membuat performa laptop atau notebook menjadi lambat.

Memilih file ataupun foto yang masih digunakan, dan hapu yang tidak digunakan. Kamu juga bisa membersihkan dengan software tertntu buat mempermudah proses pemilihan.

  1. Tetapi Mengupdate OS

Tidak kalah pentingnya, kamu harus selalu melakukan pembaharuan software dan firmware laptop dengan teratur.

Jangan dibiarkan perangkat kamu menjadi rentan, ketika ada notifikasi untuk meng-update system install segera atau paling tidak di jadwalkan pembaruan kamu berikutnya.

  1. Reset atau Mengatur Ulang Windows pada Laptop

Sistem operasi Windows juga bisa menjadi kendala laptop menjadi lemot. Hal tersebut bisa terjadi jika system Windows menjadi eror ketika pemakaian software tidak optimal.

Apabila kondisi tersebut yang terjadi, maka satu – satunya jalan buat memastikan laptop tertap berjalan seperti biasa adalah dengan melakukan install ulang atau melakukan format Windows yang digunakan.

Silakan untuk mencobanya!!