Selidiki 267 Juta Data Pengguna Facebook yang Bocor

Teknologi, Teknologi Media – Facebook memberitahukan bahwa pihaknya sxaat ini sedang menyelidiki laporan bahwa adanya data bocor. Laporan dari perusahaan keamanan Comparitech tersebut mengungkapkan bahwa ada sekira 267 juta nama dan nomor ponsel pengguna Facebook yang terpapar online.

Dilansir dari Teknologi Media, basis data tersebut tersedia untuk diunduh pada saat pekan lalu pada forum peretas online yang disinyalir merupakan suatu kelompok kejahatan.

“Kami mencari masalah ini, tetapi yakin ini kemungkinan informasi yang diperoleh sebelum perubahan yang kami buat dalam beberapa tahun terakhir untuk melindungi informasi orang,”Ungkap Anggota Facebook.

Comparitech mengatakan bahwa peneliti keamanan Bob Diachenko melihat ada database, yang dapat diakses secara terbuka dan memiliki nama pengguna, ID pengguna, dan nomor telepon Facebook. Penemuan itu dilaporkan dan database sama sekali tidak tersedia lagi pada 19 Desember 2019, menurut Comparitech.

Ini bukan pertama kalinya Facebook untuk menangani masalah kebocoran database. Kasus kebocoran data paling terpopuler Facebook yaitu Cambridge Analytica yang terjadi beberapa waktu lalu dan membuat Facebook harus membayar denda sebesar USD5 miliar.