Cara Buat PC Atau Laptop Yang Lemot Menjadi Ngebut

Teknologi, Jakarta – Apakah anda merasa PC atau laptop yang anda gunakan saat ini semakin menurun performanya perlahan menurun alias jadi lemot.  Mengunakan PC atau laptop yang lemot juga dapat membuat jengkel apalagi disaat kita sedang di kejar deadline.  Namun jangan khawatir untuk anda yang mengunakan PC ataupun laptop yang menjalankan system operasi windows 10, 8 , ataupun 7 yang saat ini lemot karena banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengataasi hal tersebut tanpa harus instal ulang.  Berikut kami rangkumkan 10 cara mengatasi laptop lemot agar negebut kembali yang kami dapat dari beberapa sumber .

1 Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Selalu update aplikasi dan system yang anda pergunkan pada pc ataupun laptop anda karena system yang selalu up-to-date dapat membuat perfoma laptop ataupun PC anda menjadi lebih cepat dan aman.

2 Hapus Atau Uninstall Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Terkadang kita sadari ataupun tidak sering kita mengunduh aplikasi yang jarang digunakan tanpa menyadari kalau aplikasi tersebut akan banyak memakan tempat di harddisk. Dan untuk melihat aplikasi apa saja yang tidak anda pergunakan di dalam laptop atau pc kalian beserta ukurannya kalian bisa ke Contro Panel – Programs- Programs and Features.

3 Membatasi Aplikasi saat  Starup

Laptop kalian kadang menjadi lemot saat dihidupkan hal tersebut bisa dikarenakan beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Untuk aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat starup. Kalian bisa membatasi aplikasi apa saja yang dapat berjalan saat startup dengan buka task manager dan klik tab Starup di sini kalian dapat melihat aplikasi apa saja yang yang berjalan saat Startup dan dampak pada performa PC atau laptop anda.

4 Upgrade RAM

Lebih besar RAM atau memori yang ada gunakan akan membuat laptop kalian menjadi lebih kencang dalam beroperasi sehari-hari. Maka jika laptop anda sudah sangat parah lemotnya anda dapat mecoba untuk menganti RAM atau menambah agar ukurannya lebih besar yang mana disesuaikan dengan komponen lainnya agar laptop anda bisa lebih cepat.

5 Mengunakan SSD

Harddisk (HDD) yang kita gunakan dulu memang lebih lambat dibandingkan dengan teknologi baru sekarang yaitu Solid-State Drive(SSD) yang bisa membuat proses Startup ataupun saat laptop anda menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.

6  Cek Virus dan Spyware

Virus, spyware dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan data peribadi anda di PC maupun laptop tapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot. Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop kalian terkena virus dan memberikan pelindungan untuk laptop anda setiap saatnya.