Facebook dan Instagram Sudah Bekerja Sama Menandai Berita Hoax

Teknologi, Teknologi Media– Facebook terus berupaya untuk melakukan pembersihan dari berita – berita hoax alias tidak berita tidak benar. Seperti yang telah anda ketahui media sosial dianggap sebagai salah satu media yang begitu cepat sekali dalam menyebarkan informasi yang sangat mudah sekali dibagikan dengan berulang oleh para pengguna internet lainnya.

Untuk bisa menghalau hal tersebut terlebih lagi menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2020, Facebook merilis fitur yang akan memberikan sebuah peringatan kepada para pengguna jika berita tersebut adalah berita yang salah.

Diambil dari Ubergizmo, fitur ini akan tersedia secara langsung di Facebook dan Instagram. Pada setiap postingan yang dibagikan akan dilabeli dengan sebuah tanda dari pihak tim independen pemeriksaan fakta (Fact-Checkers). Tim ini akan bekerja dengan melakukan penilaian jika postingan tersebut terdapat indiskasi berita palsu, maka akan ada diberikan label pada postingan tersebut.

“Konten yang terdapat pada Facebook dan Instagram yang dinilai salah oleh tim pemiksa fakta akan memberikan label dengan jelas sekali, sehingga pengguna bisa memutuskan sendiri apa yang harus dilakukan apakah ingin tetap melakutkan membaca, dipercaya atau dibagikan,” terang Facebook.

Sama seprti gambar yang di atas, label tersebut akan menunjukkan keterangan False Information (informasi salah) yang dilakukan oleh para tim pemeriksa fakta. Pengguna juga akan di arahkan langsung ke sebuah link untuk menerima penjelasan kenapa berita tersebut terindikasi informasi yang salah.

Tidak hanya sebuah postingan saja, label ini juga akan menandai postingan di Stories Facebook serta Instagram. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna lebih berhati- hati lagi dalam menerima pesan yang kemungkinan berisikan konten informasi yang tidak benar.