Daihatsu Kaget UI Bisa Mengubah Ayla Menjadi Mobil Listrik

Teknologi, Teknologi Mobil – Ayla mobil di tangan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI) diubah menjadi mobil listrik. Daihatsu telah mengakui mobil kagum dengan kemampuan UI.

“Besar B ya,” kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjawab pertanyaan AFP saat ditemui di sela-sela test drive Daihatsu Ayla di Bandung, Jawa Barat.

Ayla yang tidak lagi membakar bensin sekarang didukung 72V 150 AH baterai yang dapat menghasilkan output daya 10,8 kWh. Jelajah kemampuan sejauh 60 km dengan pengisian selama 4 jam. Ayla mobil listrik diklaim mencapai kecepatan maksimum 80 km per jam.

Meski begitu masih banyak komponen listrik yang diimpor, seperti baterai. “Berapa banyak uang yang dihabiskan mereka (UI) tidak mengatakan ya, yang penting adalah baterai, ia masih diimpor,” katanya.

Daihatsu sendiri menilai pengembangan mobil ramah lingkungan tidak dapat langsung melompat ke mobil listrik murni. Menurut Amelia, hal itu harus dilakukan secara bertahap, mulai dari mobil hibrida yang masih menyisakan mesin bensin, plug-in kendaraan listrik hybrid (PHEV), baru ke BEV (Battery Electric Vehicle) atau kendaraan listrik murni.

“Harus melangkah (secara bertahap), jika tidak melangkah hiasan tidak mendukung, konsumen harus diam-diam menyiapkan EV baterai hibrida baru,” katanya.