Oppo dan Realme Bekerja Sama Membuat Ponsel Layar 90Hz

Teknologi, Teknologi Handphone – Selain kualitas kamera, sejumlah vendor mencoba meningkatkan sektor layar perangkat mereka. Dua di antaranya adalah Oppo dan Realme.

Melalui akun Weibo-nya, Wakil Presiden Oppo Brian Shen membenarkan bahwa pihaknya tengah mengerjakan penerus Reno 10x Zoom. Salah satu pembaruan di layar yang membawa kecepatan refresh 90 Hz.

Beberapa hari kemudian giliran Manajer Produk Realme Wang Wei Derek untuk mengkonfirmasi hal yang sama di akun Weibo-nya. Dia mengatakan ponsel barunya akan membawa teknologi layar yang sama.

Banyak yang berspekulasi bahwa ponsel ini adalah RealT XT yang akan dirilis dalam waktu dekat. Namun terlepas dari apa ponsel itu, ada hal yang lebih menarik disampaikan Derek.

Ia memastikan harga ponsel akan lebih murah dari OnePlus 7 Pro yang mengusung fitur yang sama. OnePlus 7 Pro sendiri saat dirilis dijual seharga Rp. 10 juta.

Yang perlu diperhatikan saat ini tidak banyak ponsel yang mengusung layar dengan refresh rate 90Hz. Hanya ada OnePlus 7 Pro dan Nubia Red Magic 3.

Refresh rate sendiri adalah hitungan berapa kali layar di-refresh dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate, semakin banyak gambar yang diberikan. Hasilnya, gambar yang disajikan lebih halus.

Ini akan meningkatkan pengalaman saat menggunakan ponsel, terutama saat digunakan untuk bermain game. Hanya saja ada adopsi teknologi ini yang harus dikorbankan, yaitu baterai.

Ya, layar dengan kecepatan refresh tinggi membutuhkan lebih banyak daya sehingga baterai cepat habis. Namun seiring perkembangan prosesor mobile, optimasi sistem, AI dan teknologi baterai, tampaknya hal itu tidak akan lagi menjadi perhatian.