Mengenal Fitur macOS Catalina yang akan Diluncurkan Pada Bulan Oktober 2019

Teknologi, Teknologi Komputer dan Laptop – Apple diam-diam mengumumkan akan meluncurkan pembaruan sistem operasi MacOS Catalina pada Oktober tahun ini. Perusahaan akan membagi aplikasi iTunes menjadi tiga fungsi, yaitu Apple Music, Apple Podcasts dan Apple TV.

Selain itu, melalui situs web resmi Apple, MacOS Catalina dapat berintegrasi dengan sejumlah aplikasi pada perangkat iPad seperti Asphalt 9, Twitter, DC Universe, Morpholio, Post-it, Jira, American Airlines, Fender, Triplt, Kru, Rosetta Stone, dan Proloquo2Go.

Kemudian, pengguna Mac akan menerima pembaruan dalam fitur Foto yang memungkinkan Anda untuk melihat dokumentasi gambar berdasarkan hari, bulan atau tahun. Apple dipanggil untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mengidentifikasi foto-foto terbaik pengguna Mac.

Fungsi Sidecar yang ditawarkan oleh macOS Catalina dapat mengintegrasikan Mac dengan iPad menggunakan aplikasi Duet Display atau Luna Display.

Apple juga menambahkan fitur ke pengaturan aksesibilitas. Misalnya, ketika Anda ingin membuka aplikasi, cukup buka aplikasi dengan suara Anda sendiri.

Fitur keamanan macOS Catalina sudah ditingkatkan buat memastikan aplikasi yang digunakan agar tetap aman dan memberi pengguna kontrol lebih besar atas akses data sehingga peretas tidak mudah disusupi.

Catalina memandang chipset Apple T2 untuk menjaga Mac aman dan secara otomatis mengenkripsi data yang tersimpan di perangkat. Selain itu, T2 menyediakan otentikasi khusus untuk fungsi Touch ID dan Apple Pay.

Sistem operasi juga mendukung fitur Cari Saya jika Anda kehilangan perangkat Mac. Temukan Saya juga tersedia di perangkat seluler, sehingga memudahkan untuk melacak keberadaan perangkat.

Sebelumnya, Apple pada Rabu (9/11) dini hari ketika Jakarta secara resmi menghadirkan trio iPhone baru di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California. iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro menjadi ‘trisula’ terakhir untuk perusahaan yang diciptakan oleh almarhum Steve Jobs.

Selain menghadirkan lini produk baru untuk iPhone, perusahaan juga meluncurkan perangkat iPad dan Apple Smart Watch.