Kebenaran Persaingan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli dan lainnya

Teknologi, Jakarta – Di era digital, siapa yang tidak terbiasa dengan belanja online? Kebutuhan untuk membeli secara online juga menyesuaikan dengan jumlah e-commerce yang muncul, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli dan banyak lagi.

iPrice bekerja sama dengan perusahaan analisis data, App Annie dan Similar Web, melakukan penelitian untuk mengetahui jumlah pengguna aktif bulanan di aplikasi seluler dan untuk mengetahui rata-rata jumlah kunjungan web bulanan di platform e-commerce Indonesia.

Dari penyelidikan ini, ada sejumlah temuan menarik yang terjadi selama kuartal kedua 2019 dan dirangkum dalam 11 fakta berikut.

1. Tokopedia, Bukalapak dan Blibli masih berada di peringkat 5. Perdagangan elektronik lokal dengan pengunjung bulanan rata-rata tertinggi di kuartal ini tetap sama dengan di empat kuartal sebelumnya. Tokopedia secara konstan diklasifikasikan sebagai perdagangan elektronik dengan jumlah kunjungan web bulanan tertinggi 140.414.500.

Tokopedia berhasil lolos pertama kali dari kuartal kedua 2018 hingga kuartal kedua 2019. Perdagangan elektronik lokal lainnya adalah Bukalapak dengan total kunjungan web bulanan 89.765.800. Pada kuartal ini, kunjungan web bulanan Bukalapak menurun 22% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, yang menyebabkan Bukapalak jatuh dari satu tempat ke tempat lain.

Blibli, masih dalam kisaran yang sama sejak kuartal kedua 2018, yang berada di posisi kelima dengan peningkatan kunjungan web bulanan Blibli sebesar 31% selama setahun.

2. Kunjungan web bulanan Shopee rata-rata 16 juta sejak kuartal terakhir, menjadikan Shopee di posisi kedua dengan kunjungan web bulanan tertinggi, menggantikan Bukalapak pada kuartal sebelumnya.

Shopee berhasil meningkatkan 300% dari transaksinya di bulan Ramadhan tahun ini dengan peningkatan tercepat dalam kategori kecantikan dan pakaian Muslim.

Keberadaan Shopee Live, yang memungkinkan pelanggan Shopee untuk membeli langsung melalui situs web dan aplikasi Shopee, juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan kunjungan web Shopee bulanan dan secara signifikan meningkatkan jumlah transaksi hingga 75% .

3. Rata-rata pengunjung ke Lazada masih termasuk dalam 5 besar di Indonesia. Jumlah rata-rata pengunjung Lazada di kuartal ini adalah 49.620.200, yang menempatkannya di posisi ke-4 seperti kuartal sebelumnya.

Tidak seperti Indonesia, di Thailand, Lazada menempati tempat pertama dengan total pengunjung bulanan 43.132.000.

4. Aplikasi Shopee adalah yang paling banyak diunduh oleh pengguna Indonesia. Jumlah pengguna aplikasi Shopee adalah yang terbesar di Indonesia.

Menurut peta persaingan e-commerce Singapura Q2 2019, Shopee juga berhasil menjadi aplikasi e-commerce dengan pengguna bulanan paling aktif di negara itu.

Jumlah pengunduh aplikasi Shopee berasal dari berbagai program belanja yang menargetkan konsumen baru dalam kategori tertentu, misalnya, pria yang menyukai K-Pop football dan pendengar musik. Sebelumnya, aplikasi Shopee menunjuk lebih banyak layanan untuk produk-produk fashion wanita.

5. Platform lokal tetap menjadi pilihan utama bagi pengguna aplikasi e-commerce di Indonesia. Tokopedia dan Bukalapak secara konstan berada di antara 3 aplikasi e-commerce utama dengan pengguna bulanan paling aktif di Indonesia.
Kepercayaan pengguna aplikasi e-commerce pada dua platform lokal ini semakin bertambah seiring banyaknya program jualan dari Tokopedia dan Bukalapak ketika musim belanja Ramadhan dan Lebaran pada Juni lalu.