Beberapa Seri MacBook Pro Dilarang Naik Pesawat

Teknologi, Teknologi Komputer dan Laptop – Otoritas Penerbangan Sipil Amerika serikat atau Federal Aviation Administration (FAA) melarang beberapa seri MacBook Pro untuk dibawa ke dalam pesawat.

Langkah ini diambil oleh FAA setelah Apple menarik sejumlah untik MacBook Pro dengan seri tertentu yang memiliki masalah pada baterai sehingga memikiki resiko terbakar, demikian di ambil Cicc888 dari Reuters, Rabu (14/08).

“FAA telah menyadari adanya penarikan baterai yang digunakan pada sejumlah laptop Apple MacBook Pro. Di awal Juli kami memperingkat sejumlah maskapai mengenai masalah tersebut dan kami akan menginformasikannya ke publik,” katanya dalam pernyataannya.

Pada pernyataan tersebut juru bicara FAA juga mengatakan langkah ini merupakan hal yang sudah biasa. Yaitu mengingatkan kepada maskapai jika semua perangkat yang berbasis lithium-nya ditarik, termasuk juga dengan MacBook Pro, dilarang untuk dibawa ke pesawat.

Tapi yang menjadi dkendala adalah MacBook Pro yang ditarik itu berasal dari tahun pembuatan 2015 dan tidak semua MacBook Pro yang dibuat pada tahun 2015 sudah ditarik dari peredara. Tentu hal tersebut akan menyulitkan penerapan pelarang ini di bandara-bandara.

Apple sendiri hanya bisa memberikan saran untuk pengguna masuk ke dalam halaman dukungan pada situsnya, dimana mereka dapat memasukan nomor seri perangkat untuk melihat apakah lapotpnya tersebut masuk kedalam daftar MacBook Pro yang ditarik dari peredaran.

Sebagai informasi, Juni lalu Apple berkata akan menarik sejumlah MacBook Pro 15 inch yang dijual pada bulan September 2015 sampai Februari 2017. Baterai pada unit laptop tersebut diduga memiliki resiko overheat dan bisa terbakar.