VW Kombi Ini Classic Namun Futuristik

Teknologi, Teknologi Otomotif – Sebuah Mobil Classic Volkswagen Type 2 atau lebih sering disebut dengan VW Kombi nyatanya tidak pernah kehilangan pencintanya. Seperti yang dilakukan VW America membuat Volkswagen Type 20 Concept sebagai perayaan atas perganitan nama salah satu fasilitas VW Amerika dari Electronics Research Laboratory menjadi Innovation and Engineering Center California.

VW Type 20 Concept ini ingin mencoba untuk menghadirkan penampilan klasik tapi tetap mengusung teknologi yang futuristik. Pada artian lainnya, konsep mobil ini tetap menggunakan basis VW Kombi keluaran tahun 1962 dari lekukan body, fascia hingga dengan 11 jendela khasnya.

Mencuplik Carscoops, Sabtu (06/07) perubahan besar terjadi pada bagian mesin yang telah disulap menggunakan tenaga listrik. Dibekali dengan baterai berkapasitas 10,0 kWh, lebih kecil memang dari Tesla ataupun Renault Zoe.

Tapi kecanggihan mobil listrik satu ini juga terletak pada keamanan biometrik yang tersemat di dalamnya. Type 20 Concept dibekali dengan identitas wajah menggunakan kamera wide-angle 720p dan sensor NVIDIA Jetson TX2 yang terletak pada pintu pengemudi untuk membuka kunci pintu mobil.

PUn terdapat asisten suara yang bisa diakses dari dalam dan luar kendaraan. Jika berada di luar mobil logo VW di muka depan akan menyala ketika berkata “Hey Auto”.

Melihat ke bagian kabin, kesna klasik masih terlihat pada bagian jok dan stir. Sementara kesan futuristik lainnya juga terdapat instrumen cluster digital dari Looking Glass II holografik pada belakang kemudi. Disebutkan bisa menunjukkan sejumlah informasi 3 dimensi tanpa kacamata khusus.

Yang lebih menarik lagi, suspensi Volkswagen Type 20 Concept menggunakan pneumatic suspension yang dirancang secara khusus bersama dengan Porsche.

Tapi seperti yang diketahui Volkswagen Type 20 hanyalah konsep semata yang dapat menjadi inspirasi modifikasi sebagai kendaraan microbus yang ikonik. Volkswagen sendiri memberikan penawaran vesi produksi dari konsep ID Buzz.