Sebanyak 7 Aplikasi Mata-mata Dihapus dari Google Play Store

Teknologi, Teknologi Media – Perusahaan keamanan Avast mendapatkan tujuh aplikasi mata-mata (stalkerware) di Play Store dan melaporkannya. Sekarang ini aplikasi tersebut telah dihapus oleh Google.

Semua aplikasi tersebut diperkirakan dibuat oleh developer asal Rusia dan dibuat untuk memata-matai targetnya. Meski telah dihapus dari Google, sebelumnya aplikasi tersebut telah diunduh dan diinstal oleh 130 ribu kali.

Terdapat dua aplikasi yang sangat populer sekali di antara ke-7 aplikasi tersebut, yaitu Spy Tracker dan SMS Tracker. Keduanya masing-masing telah diinstal lebih dari 50 ribu kali.

Aplikasi tersebut dibuat untuk bisa memata-matai orang lain, dalam hal ini bisa anaknya, pegawai atau lainnya. Mereka memantau lokasi target, mengumpulkan daftar kontaknya, SMS dan call history.

Tapi, agar aplikasi ini dapat dioperasikan, si pengguna harus mengakses ponsel si korban terlebih dahulu dan menginstal aplikasinya pada ponsel tersebut. Demikian diambil Cicc88 dari Phone Arena, Kamis (18/07).

Kemudian si pengguna pun harus melakukan login menggunakan alamat email dan password yang sama dengan ia gunakan pada ponselnya. Setelah semua dilakukan, aplikasi tersebut akan member tahu cara agar aplikasi tersebut tidak terlihat sduah di instal pada ponsel si korban.

“Aplikasi seperti itu sangat tidak bagus dan menjadi salah problematik buat privasi orang dan seharusnya tidak ada Google Play Store. Mereka mempromosikan perilaku kriminal dan (aplikasi ini) bisa disalahgunakan oleh pemimpin perusahaan, stalker atau pasangan yang berprilaku buruk dalam memata-matai korbannya,” tulis Nikolaos Chrysaidos, head of mobile threat intelligence anda security Avast.

“Kami mengklasifikasikan aplikasi seperti itu menjadi stalkerware dan dengan menggunakan apk.lab.io dapat mengetahui aplikasi seperti ini denga cepat, kemudian berkolaborasi dengan Google untuk melakukan penghapusan aplikasi tersebut,” sambungnya.

Berikut 7 aplikasi mata-mata yang telah dihapus dari Google Play Store :

1. Employee Work Spy
2. Spy Kids Tracker
3. Mobile Tracking
4. Spy Tracker
5. SMS Tracker
6. Phone Cell Tracker
7. Track Employees Check Work Phone Online Spy Free