Sangat Parah, Gangguan WhatsApp Cs 9 Jam Lamanya

Teknologi, Jakarta – WhatsApp, Instagram dan Facebook kemblai mengalami gangguan beberapa saat yang lalu dan sekarang ini telah diperbaiki kemblai. Ternyata, durasi gangguan yang menguncang ketiga layanan populer tersebut cukup lama sekali.

Gangguan tersebut harus menimpa cukup banyak sekali wilayah, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. tidak sedikit pula di Indonesia. Adapun kendala yang dikeluhkan mulai dari tidak bisa mengakses Direct Message, notifikasi, download agambar sampai me-refresh timeline.

Melalui pantauan di situs Down Detector, tercatat banyak sekali laporan gangguan mulai dari banjir pada jam 11 siang Eastern Time. Barulah di pukul 7 malam, sebagian user mengatakan ketiga layanan berangsur pulih.

Nah, sekitar jam 8 malam, Facebook memasang pengumuman di Twitter bahwa masalah sudah sepenuhnya diselesaikan/ ” Seharusnya sudah normal 100% bagi setiap orang,” jelas Facebook. Jadi jika dihitungkan, gangguan terjadi selama sekitar 9 jam.

Ini merupakan kesekian kalinya gangguan terjadi pada ketiga layanan tersebut. Khususnya bagi WhatsApp down, Downdetector mengatakan pada tahun ini, terjadi gangguan signifikan pada tanggal 22 Januari, 13 Maret, 14 Maret, 14 April, 7 Mei, 23 June, 12 June, 17 June hingga 3 Juli.

Khususnya di tanggal 14 Maret, durasi terjadinya kendala yang dialami Facebook, WhatsApp dan Instagram dikatakan terpanjang sepanjang sejarah. Yaitu pada kisaran 12 Jam.

“Gangguan Facebook membuat seluruh para pengguna media sosial harus menjadi sangat resah sekali, dengan sebagian orang harus mengalaminya sampai 12 jam gangguannya, yaitu gangguan paling lama sekali sepanjang 15 tahun dari sejarah perusahaan yang ada,” tulisnya di kolumnis teknologi Yahoo, Samuel Hussey waktu itu.