Persaingan Mitsubishi dan Toyota Berlanjut di Segmen Crossover

Teknologi, Teknologi Mobil – Persaingan antara Mitsubishi dan Toyota diperkirakan tidak hanya dalam segmen low MPV dalam memperebutkan konsumen dalam negeri. Kemungkinan persaingan tersebut bisa terjadi dari segmen crossover melalui C-HR dan Eclips Cross.

Toyota C-HR masuk dalam dua segmen, pertama crossover konvensional dan satu versi hibrida yang diluncurkan pada bulan April. C-HR dijual dengan harga Rp 488,65 juta hingga Rp 490,15 juta dan Rp 523,35 juta untuk versi Hybird.

C-HR dikalaim menjualnya selama bulan Januari – Mei 2019 sebesar 204 unit. Dari total tesebut, sebanyak 141 unit yang terjual merupakan versi Hybird.

Mitsubishi Eclips Cross disebutkan akan dibanderol dengan harga Rp 470 juta, tapi tidak lebih dari Rp 500 juta. Melihat dengan kedua harga pada model mobil tersebut cukup berdekatan.

Direktur Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro yang melihat kompetisi pada segemen ini sangat yakin produk yang mereka datangkan utuh (Completely Build Up/CBU) dari Jepang tersebut pelan-pelan akan menggerus para pesaingnya.

“Kami telah mempelajari. Kami itu memiliki posisi yang unik. Tadi saya telah menjelaskan di depan bahwa ada tiga kekuatan atau unik Selling Poiny di Eclips, yaitu pada desain, driving dan connectivity,” ucap Irwan di Jakarta.

“Disini kami juga telah mempelajari betul bahwa ketiga unik Selling point tersebut menjadi kan kami (Eclips Cross) confident untuk bisa melakukan penetrasi ke segmen kompak SUV yang sekarang ini ada di kompetitor,” ucapnya lagi.

Selain dengan ketiga unsur tersebut, disampaikan Irwan bahwa kelebihan lain dari Eclips Cross berasal dari harga yang kompetitif.

“Namun tentu saja kami introduce Eclips Cross dengan keyakinan dapat bersaing dari sisi produk dan harga. Jika berkata price (kompetitor), Eclips akan begitu komeptitif,” ucap Irwan.

Eclips Cross merupakan salah satu Crossover yang keluar perdana secara global di Geneva Motor Show Maret 2017. Mobil ini memiliki desain unik dengan bentuk wajah ‘Dynamic Shield’ yang merupakan identitas mobil-mobil Mitsubishi.

Di balik kap, mobil ini membawa mesin bensin 1.5000 cc lengjao dengan turbochargerd dan transmisi CVT. Selain itu Eclips Cross juga memiliki beberapa fitur seperti 7 SRS airbags dan fitur Forward Collision Mitigation System (FCM).

Sementara untuk C-HR tersedia dengan mesin 2ZR-FBE kapasitas 1.800 cc dan 2ZR-FXE 1.800 cc bersanding bersama motor listrik buat varidan hybird.