Kendaraan Motor Listrik Baru BMW Menggunakan ‘Mesin Boxer’ dan Gardan

Teknologi, Teknologi Motor – Demi menyambut otomotif dunia yang menuju ke kendaraan ramah lingkungan, BMW memperlihatkan konsep motor listriknya yang diberi sebuah label BMW Vixion DC Roadster. Menariknya, konsep motor listrik ini tetap mempertahankan aura motor konvensional, dengan melakukan desain pada boxer dan sistem penggerak gardan.

Foto-foto yang diunggah pada halama MCN memperlihatkan bahwa BMW Vision DC Roadster akan mengusung penampilan motor streetfighter. Desainnya serba tajam, dimulai pada head lamp hingga jok belakang. Sementara area mesin terlihat padat karena menjadi tempat buat baterai dan sistem pendigin radiator.

Motor tersebut sepenuhnya menggunakan sasis berbahan aluminium yang kuat dan ringan. Sementara pada bagian bannya menggunakan Metzeler dan diapit dengan dua rem cakram di depan dan satu pada bagian belakang. Lampu-lampu motor ini telah menggunakan teknologi LED yang lebih hemat listrik, tapi memiliki pancaran sinar yang lebih terang lagi.

Edgar Heinrich yang selaku manager Desain BMW Motorrad, berkata BMW Vision DC Roadster menjadi motor ramah lingkungan yang mempertahankan identitas dan penampilan ikonik motor BMW. Tidak hanya pada desain boxer dan sistem penggerak badannya, Heinrich sangat yakin dengan motor listrik ini tetap enak untuk dikendarai layaknya mengendarai motor konvensional.

“Siapa pun yang sudah pernah mencoba (motor listrik), dalam praktek tahu betul mengenai motor, tetap mengasyikkan sekalipun biar menggunakan tenaga listik. Torsi tinggi membuat akselerasinya asyik dinikmati, ucap Heinrich.

“Distribusi daya yang berutal membuat pengalaman kinerja dinamis dan sama sekali baru. Dan BMW Motorrad, dengan Vision DC Roadster mempunyai pengalaman dalam hal tersebut,” ucapnya.