Ingin Pengecasan Mobil Listrik Lebih Cepat? Minimal Listrik Rumah 6.000 Watt!!!

Teknologi, Teknologi Mobil – Mobil listrik telah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Meski harganya terlihat mahal, orang Indonesia telah bisa membeli mobil. Namun harus diingat, rumah anda harus memiliki daya yang besar agar bisa mengecas mobil listrik lebih cepat.

Menurut Senior Managing Coordinator Toyota Daihatsu Enginerring & Manufacturing Daisuke Itagaki ketika ditanya cicc888 mengenai tenaga listrik rumah, dia berkata mobil listrik membutuhkan pengisian baterai minimal 30 ampere.

“Jadi jika 30 ampere, sekitar 6.000 watt. Jika 6.000 watt Anda bisa mengecasnya selama 6 jam, jika di bawah itu bisa lama sekali,” ucapnya.

cicc888 sendiri pernah mencoba untuk mengisi baterai mobil dengan listrik rumah yang mencapai 2.200 watt dan jika dalam semalam, baterai mobil listrik tersebut belum juga penuh!! Jadi kalau memiliki mobil listrik minimal harus menambah dulu daya listrik di rumah Anda.

anda sebagai bikers juga bisa memasang stasiun pengisian baterai cepat ya ng harganya masih relatif mahal sekali saat ini. Biarpun listrik yang harus ditambah dayanya, dari sisi perawatan, mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional. “Biaya perawatannya sama mobil konvensional beda tipis lah, kita masih harus melakukan pergantian oli biasa,” ucapnya.

Dia menyampaikan, buat Indonesia, dengan kondisi infrastruktur seperti ini, mobil plug-in hybird electric vehicle–mobil yang mempunyai tenaga bensin dan listrik serta baterai yang dapat dicas dengan colokan listrik rumah—- paling ideal buat Indonesia, dari pada mobil listrik murni.

“Saya cukup khawatir jika mobil listrik murni digunakan untuk berkendara ketika di akhir pekan. Mobil listrik bisa dibawah jauh namun terlalu khawatir (kehabisan baterai di jalan)” ucapnya.