Indonesia Membuat Pameran Khusus Kendaraan Listrik

Teknologi, Jakarta – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar pameran otomotif khusus bagi kendaraan listrik pada tanggal 4-5 September 2019 di Balai Kartini Jakarta. Pameran yang didukung langsung melalui bebagai kementerian ini dinamakan Indonesia Electric Motor Show (IEMS).

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan IEMS digulirkan untuk menyambut era industri otomotif nasional ke arah yang lebih ‘Hijau’.

Riza menyampaikan IEMS didukung langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim), Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Dewan Energi Nasional, Peramina, Kementerian Perhubungan dan PLN.

“Menyikapi dengan pesatnya kemajuan industri kendaraan listrik dan industri komponen pendukung. Maka dengan itu BPPT bersama dengan pemerintah terkait akan menggelat IEMS,” ucap Riza di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (17/07).

IEMS juga akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dibuat dengan mengedukasi pengunjung melalui seminar yang diisi dengan beberapa petinggi pemerintah. Di antaranya yaitu Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan juga Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Selain seminar, peserta pameran yang berasal dari beberapa Agen Pemenang Merek (APM) produsen roda dua dan empat akan membuat persentasi atas produk yang mereka bawa.

Pengunjung juga akan memiliki kesempatan untuk mencoba kendaraan yang dipamerkan pada IEMS 2019. Selain kitu acara tersebut akan dibuat menjadi wadah transaksi antara penjual dengan pembeli kendaraan listrik di dalam negeri.

Pengunjung IEMS tidak akan dipungut biaya sepersen pun, terkecuali bagi yang berkeinginan mengikuti semintar bersama dengan para menteri. Per seminar akan dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta per orang (Corporate), RP 2,5 juta (rombongan per tiga orang), Rp 750 ribu buat per orang (sendiri) dan Rp 500 ribu per orang buat para pelahar.

Sejauh ini peserta yang telah terdaftar di IEMS 2019 yaitu Toyota, Mitsubishi, Nissan, Hino, Gesits, Wuling, PLN, HS Power, Pindad, Selis, Hingga BPPT.