Dalam RI Menjadi Raja, Di Luar Negeri Avanza Harus Kalah Dengan mobil Ini

Teknologi, Teknologi Mobil – Mobil sejuta umat Toyota Avanza bisa menjadi yang terlaris se-Indonesia. Bukan rahasia lagi jika Avanza merupakan mobil paling laris di Tanah Air selama setiap tahunnya. Bahkan cukup sulit sekali untuk menyaingi para pendatang baru sekalipun.

Namun dibicara mengenai ekspor, Avanza rupanya masih harus kalah laris. Mengutip melalui data distribusi ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza harus rela untuk disalip oleh saudaranya sendiri Toyoya Fortuner. sepanjang Mei 2019, Fortuner menjadi mobil buatan Indonesia paling laris sekali di luar negeri.

Terdapat sebanyak 4.607 unit Fortuner buatan Karawang yang menjadi lirikan negeri orang. Bagaimana dengan Avanza? Avanza justru menjadi mobil buatan Indonesia paling terlaris kelima di luar negeri. Hanya sebanyak 3.026 unit Avanza yang diekspor dari Astra Daihatsu Motor.

Avanza juga haris dikalahkan oleh kompetitor utama Mitsubishi Xpander. Xpander duduk di tempat kedua monil paling laris di luar negeri setelah fortuner. Ekspor Xpander di bulan Mei sendiri mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari sebelumnya 2.865 unit.

Meski dengan begitu secara total Xpander masih berada di puncak mobil buatan Indonesia terlaris di luar negeri. Total ada 21.566 unit Xpander yang dikirimkan ke luar negeri seperti Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilangka, Kamboja, Peru dan Mauritius dalam lima bulan pertama pada tahun 2019.

Sementara Fortuner jika dilihat secara keseluruhan hanya terkirim sebanyak 19.085 pada bulan Januari hingga Mei 2019. Sedangkan untuk Avanza hanya terkirim sebanyak 11.135 unit secara total di periode yang sama.