Cara Memblokir Konten di Youtube agar Anak-anak Tidak Melihat

Teknologi, Teknologi Media – Khawatir dengan paparan konten video negatif terhadap anak-anak, namun juga tidak ingin melarang mereka untuk mengakses internet? Solusinya, mengawasi akses konten yang dikonsumsi oleh anak, keponakan atau adik anda semua.

Untuk bisa memenuhi segala kebutuhan anak dalam mengakses video secara aman, sebenarnya YouTube memiliki layanan YouTube Kids yang bisa anda download pada Google Play Store dan Apple App Store. Di dalam YouTobe Kids, Google sudah melakukan kurasi konten agar hanya konten-konten yang relevan bersama anak-anak yang ditampilkan.

Di samping itu, terdapat sejumlah fitur yang bisa membantu orang tua untuk mengawasi konten yang dilihat anak-anak, mulai dari ‘Konten yang Disetujui Orang Tua, Profil Anak, Pemblokiran, Histori Tontonan, Pelaporan Video dan Timer.

Jika dengan memberikan pengaksesan pada YouTube Kids saja dirasa masih belum cukup, anda bisa memanfaatkan fitur ‘Konten yang Disetujui Orang Tua’ Pada layanan ini. Terdapat dua cara untuk bisa memblokir konten.

Pada Layar Utama

○ Login ke dalam aplikasi YouTube Kids.
○ Tap tiga titik bertumpuk vertikal pada samping video.
○ Tap ‘Blokir Video Ini’ atau ‘Blokir Channle Ini’
○ Memasukan nomor yang tertulis pada laar atau memasukan kode sandi kustom anda.

Melalui halaman video

○ Login ke dalam aplikasi YouTube Kids.
○ Tap tiga titik yang bertumpuk vertikal pada bagian atas video.
○ Tap ‘Blokir’
○ Pada kotak dialog yang keluar, pilih ‘Blokir Video Ini’ atau ‘Blokir Channel Ini’ buat memblokir channel yang terkait dengan video.
○ Tap ‘Blokir’ lagi.
○ Memasukan nomor yang tertulis pada layar atau memasukan kode sandi kustom anda.

Jika anda berubah pikiran mengenai video atau channel yang telah dilakukan pemblokiran, anda bisa menghapusnya melalui ‘Setelah’.

○ Login ke aplikasi YouTube Kids.
○ Membukan setelan.
○ Tap ‘Batalkan Pemblokiran Video’.
○ Tap ‘Ya, membatalkan pemblokiran’.