4 Cara Mata Sehat Meski Bekerja Seharian di Depan Layar

Teknologi, Jakarta – Pada kehidupan sehari-hari, kita pasti cukup banyak terpaku pada depan layar. Entah layar ponsel, laptop atau layar komputer di meja kerja. Sadar atau tidaknya, ini dapat mempengaruhi kesehatan penglihatan.

Maka dari itu, jaga selalu kesehatan mata dengan mempraktikkan kebiasaan sehat berikut ini seperti yang dirangkumkan cicc888 dari beberapa sumber terpercaya.

1. Mengurangi waktu di depan layar

Jika memang harus terus bekerja seharian di depan layar, maka kurangi paparan sinar dari benda lain. Misalkan dengan mengurangi frekuensi menonton televisi di rumah, waktu jelajah internet melalui ponsel, atau minimalisir cek e-mail ketika sudah sampai di rumah yang pastinya akan menyita waktu lebih banyak. Selain mengurangi screen time, jadi lebih bisa bebas stres juga kan?

2. Mencoba tosan

Untuk menjaga kesehatan mata, duduklah dengan jarak satu lengkan pada layar komputer atau laptop. Jarak ini dikenal dengan sebutan ‘high-five test’: jika Anda belum bisa bertosan ria ke layar, maka jaraknya terlalu dekat. Pastikan juga layar terdapat pada posisi sedikit di bawah level pandangan.

3. Berkedip

Salah satu hal yang selalu menjadi kendala mata kering yaitu terlalu sering menatap layar membuat frekuensi berkedip jadi menurun. Jadi tidak ada salahnya memperhatikan masalah ini agar mata tetap berkedip meski harus terus menatap ke layar. Menggunakan tetes mata atau artificial tears sekali waktu juga tidak ada salahnya.

4. Istirahat sejenak

Istirahat ini dikenal dengan sebutan ’20-20-20 break’. Jadi, setiap 20 menit, memberikan diri waktu untuk melihat ke arah benda lain selama 20 detik, yang berjarak 20 kaki (kurang lebih 6 meter) dari posisi anda.