Sudah Aman, Akses WhatsApp Sudah Tidak Dibatasi

Teknologi, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan, seiring dengan berjalannya sidang gugatan Pilpres 2019 hari ini tidak ada lagi ditemukan lonjakan hoax atau ujaran kebencian di dalam media sosial.

“Tidak ada eskalasi mengenai hoax atau ujaran kebencian, semuanya tetap aman terkendali,” ucap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan ketika dihubungi, Jumat (14/06).

Pada kondisi seperti itu, pemerintak tidak melakukan pembatasan pada medsos dan WhatsApp seperti yang pernah dilakukan pada 22 Mei kemarin.

“Media sosial sekarang ini masih bisa digunakan,” ucap pria yang disapa Semmy ini memastikan layanan medsos tetap masih bisa digunakan masyarakat seperti biasanya.

Pada kesempatan lain, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu juga menyampaikan pemantauan medsos pada hari ini tidak ada terlihat yang berbeda. Ia mengatakan bahwa dunia maya yang sekarang ini bisa dikatan aman.

Melalui mesin Ais, ucap Ferdinandus, Kominfo ‘hanya’ menerima hoax maupun ujaran kebencian dibawah 100 URL atau kanal. Indikasi tersebut bisa dikatakan aman oleh Pemerintah, sehingga tidak tertuju pada pembatasan medsos dan WhatsApp.

“Pada sekarang ini tidak ada eskalasi hoax yang signifikan. Maka, tidak ada alasan dilakukan pembatasan algi. Hari ini data persinya berada bawah 100 URL, yang berhubungan dengan politik juga bisa dikatakan sedikit,” ucapnya.