Sensor Sidik Jari Bawah layar Tidak Lagi ada di Ponsel Mahal

Teknologi, Teknologi Handphone – Tidak membutuhkan waktu yang lama, teknologi sensor sidik jari pada bawah layar smartphone tidak lagi hanya ada pada ponsel yang harganya relatif mahal.

Diwawancarai AndroidAuthority.com. teknologi dengan sensor seperti itu lazimnya dimiliki oleh setiap smartphone flagship ataupun yang harganya diatas rata-rata USD 500 (sekitar Rp 7 jutaan).

Tapi, hanya dalam waktu sekitar satu tahun ke depan, sensor sidik jari pada bawah layar smartphone diperkirakan sudah dapat menggunakan pada ponsel-ponsel yang dibanderol yang harganya lebih terjangkau.

Dikatakan bahwa hal tersebut lepas dari keberhasilan perusahaan BOE dengan menghadirkan teknologi sensor sidik jari pada bawah layar di panel LCD. Merujuk ke pemberitaan DigiTimes, BOE telah memiliki rencana untuk melakukan produksi masal pada akhir tahun 2019.

Sensor sidik jari pada bawah layar sejauh ini dapat ditemukan pada panel display OLED, dikarekan bentuknya yang lebih tipis daripada LCD — sehingga cahaya dan pemancar ultrasonic dapat “membaca” sidik jari yang ditempelkan dengan lebih baik lagi.

Pendapat DigiTimes, smartphone dengan display LCD mencatatkan sebanyak 85 persen dari total dari total jumlah smartphone yang dikirimkan pada tahun 2018 yang lalu.