Istalasi Listrik Rusia di Serang Pasukan Cyber AS?

Teknologi, Teknologi Komputer dan Laptop – United States Cyber Commad dikatakan mencoba untuk melancarkan serangan terhadap infrastruktur listrik punya Rusia selama beberapa bulan ke belakang.

Dari seorang sumber tidak bisa disebutkan namanya mengatakan serangan ini menunjukkan jika AS jug bisa terlihat agresif dalam melakukan serangan jika terjadi perang cyber antara kedua negara tersebut.

Terhadap serangan ini terlihat dari adanya baris – baris kode komputer AS di berbagai instalasi listrik Rusia dan di sejumlah target lainnya. Seorang sumber intelijen lain juga mengatakan kalau serangan ini sudah sangat jauh lebih agresif jika dibandingan dengan serangan-serangan sebelumnya.

Ia juga tidak merasa ragu jika skala serangan sebesar ini bahkan tidak terbayangkan pada dahulu kala. Padahal, AS disebutkan sudah mulai ‘mencolek’ instalasi listrik Rusia pada tahun 2012 lalu dan ‘colekan’ tersebut meningkat secara signifikan pada beberapa bulan terakhir, yaitu dengan menyusupkan malware pada sistem Rusia, dengan kedalaman dan agresivitas yang begitu tinggi.

Serangan tersebut adalah bagian dari langkah yang dibuat pemerintah AS di bawah presiden Donald Trum untuk mehalau jika ada serangan Cyber potensial yang tertuju ke AS, yaitu dengan membuktikan bahwa mereka juga bisa melakukan serangan cyber.