Harley-Davidson Akan Produksi Motor di Bawah 400 cc?

Teknologi, Teknologi Motor – Produsen motor gede yang berasal dari Amerika Serikat Harley-Davidson bekerja sama dengan pabrikan China Qianjiang Motorcycle Co untuk membuat motor dengan kapasitas yang lebih kecil lagi. Kerjasama ini dilakukan Harley untuk menarik hati para pecinta moge di China sekaligus memangkas biaya dalam produksi hingga setengahnya dan penjualan di luar AS hingga tahun 2027 nanti.

Dikutip dari Reuters, Kamis (20/06), motor hasil kerjasama Harley dan Qianjiang akan mempunyai kapasitas 338 cc. Itu juga sekaligus menjadi bukti motor dengan kapasitas paling kecil yang tidak pernah dibuat oleh Harley pada 116 sejarahnya. Rencananya motor baru akan dijual di China pada tahun 2020.

Ini akan membuktikan Harley lebih mudah untuk bersaing pada pasar Asia. Seperti yang telah diketahui, pada sebagian besar Benua Asia pasar motor didominasi motor berkapasitas kecil dan juga jenis skuter matik. Sekaligus sedidkit mengalihkan identitas si pengguna Harley yang dikenal pada kalangan yang sudah berusia.

Biarpun begitu, Harley masih ogah mengungkapkan harga motor dengan kapasitas kecil punya-nya itu. Tapi Qianjiang telah sedikit membocorkan motor akan dijual dengan harga lebih terjangkau. Motor tidak akan dijual di China. Usai china motor kecil Harley juga akan dijual pada beberapa negara Asia lainnya.

Moge Harley hingga sekarang ini masih identik dengan harga mahalnya. Hal tersebutlah yang membuat Harley hanya dimiliki oleh sebagain kalangan saja.

“Pasar roda dua secara global begitu besar sekali. Namun Harley-Davidson masih sangat sulit untuk bisa menembusnya karena terpaut dengan harga yang sangat mahal,” ucap analis Craig Kennison.

“Pada survei terakhir kami, satu hal yang sangat dibutuhkan Harley adalah menambah para pengendara baru. Untuk kendala itu, harga terjangkau menjadi patokanny,” ucap Craig.