Facebbook Dikabarkan Menjiplak Logo Calibra

Teknologi, Jakarta – Startup bank online Current menunding Facebook menjiplak logo miliknya untuk digunakan oleh anak perusahaannya Calibra. Calibra sendiri merupakan salah satu sistem pembayaran terintegrasi yang akan menggunakan mata uang jenis digital Libra yang baru saja akan disampaikan oleh Facebook.

Pendiri dan CEO CUrrent Stuart Sopp menyampaikan bahwa perusahaannya sudah bekerja sama dengan firma desain Character untuk membuat logo perusahaannya pada tahun 2016. Firma tersebut juga ada mendesain logo yang digunakan oleh proyek cryptocurrency Facebook.

“Ini merupakan cara yang lucu untuk mencoba dan membuat kepercayaan dalam sistem keuangan global terbaru – dengan menjiplak perusahaan fintech lainnya,” ucap Sopp kepada CNBC, Jumat (21/06).

“Facebook mempunyai semua uang dan sumber daya di dunia. Jika mereka benar – benar ingin menjadikan perbankan lebih inklusif dan adil, mereka harus memberikan hasil ide dan branding mereka sendiri, seperti yang telah kita lakukan,” tambahnya.

Melalui akun Twitter resminya, Current menunjukkan miripnya logo miliknya dengan punya Calibra. Kedua logo tersebut menunjukkan gelombang yang berada di lingkaran dalam.

Sopp menyampaikan ia menghabiskan waktu selama berbulan – bulan untuk mengerjakan logo Current dengan Character. Pendapatnya gelombang yang berada pada logo Current menggambarkan pentingnay pergerakan baik uang ataupun orang.

“Kami begitu kerja keras selama enam bulan untuk membuat logo tersebut bersama firma desain, yang pada dasarnya mereka menggunakan kembali buat Facebook tanpa ada perubahan yang banyak,” ucap Sopp.

Ketika pertama kali melihat screenshit logo Calibra, Sopp sangat terkejut karena banyaknya kesamaan pada logo perusahaannya. Ia mengaku sempat mengirimkan pesan kepada Cameron dan Tyler Winklevoss, si kembar dari Harvard University yang mengaku Mark Zuckerberg yang mencuri ide mengenai Facebook dari mereka.

“Sekarang saya mengetahui apa yang kalian rasakan,” komen Sopp dalam pesan yang dikirimkan untuk Cameron dan Tyler Winklevoss.