Alasan Kenapa ‘Ban Cacing’ Tidak Aman di Gunakan Motor Harian

Teknologi, Teknologi Otomotif – Thai look menjadi salah satu aliran modifikasi motor yang sangat digemari oleh para bikers Tanah Air. Salah satu contoh yang terlihat dalam modifikasi ini yaitu si pengguna pelek dan ban dengan profil tipis dan berdiameter kecil. Biasa disebut dengan nama ‘Ban Cacing’.

Jika hanya untuk kepentingan kontes atau lomba, modifikasi ini sah saja untuk dilakukan, namun jika seperti motor harian? Lebih baik untuk pikir ulang kembali.

Seperti yang sudah disampaikan oleh instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, jenis modifikasi ini sangat berbahaya untuk bisa digunakan harian. Karena secara ekstrem telah mengubah spesifikasi dasar dari pabrikannya.

“Penggunaan ban cacing pada motor secara performa akan menylitkan ketika melakukan gerakan dinamis (zig dan zag serta bertikungan),” ucap Andry, Selasa (11/06).

Tidak hanya itu, ban dengan profil yang kecil akan menguransi grip atau cengkeraman roda ke permukaan jalan. AKibatnya, motor akan mudah untuk menyelip atau tergelincir ketika melewati jalan yang licin atau ketika melakukan pengereman secara tiba – tiba.

“Tidak hanya itu saja, hentakan atau redaman pelek dapat langsung mengarah ke ban. Ban dengan material yang sangat tipis tentunya lebih mudah membuat motor oleng, dan ban itu juga mudah untuk pecah,” ucap Andry.