Smartphone Huawei Terancam tanpa Google Android

Smartphone Huawei Terancam tanpa Google Android

Teknologi, Teknologi Handphone – Perang dagang antara Amerika Serikat dan China kembali berlanjut, sebelumnya Smartphone Huawei dinyatakan masuk dalam blacklist oleh pemerintah AS, dan kini Huawei terancam kehilangan lisensi sistim Android.

Pencabutan lisensi Android merupakan langkah tindak lanjut atas peraturan Amerika yang melarang Huawei membeli segala komponen dalam bentuk apapun baik hardware maupun software dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah setempat. Kebijakan pemerintah AS ini akan berpengaruh besar pada Huawei. Tanpa adanya lisensi layanan utama Android google, dapat dipastikan ponsel Huawei akan kehilangan akses ke layanan utama milik Google seperti Google Play Store, Gmail dan YouTube.

Hingga saat ini, Huawei masih memiliki kesempatan menggunakan sistem operasi Android meskipun telah kehilangan lisensi. Namun, Huawei tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi buatan Google seperti Gmail, Chrome dan Google Playstore. Huawei hanya dapat menggunakan sistem operasi versi publik.

Meskipun Huawei tidak lagi mendapat dukungan teknis dari Google, Huawei sudah mempersiapkan rencana lainnya dengan membuat serta mengembangkan teknologinya sendiri apabila Huawei di blokir dari penggunaan android. Namun, menurut salah satu petinggi Huawei, Eric Xu : “Apapun yang terjadi, Android tidak memiliki hak hukum untuk memblokir perusahaan mana pun untuk dapat mengakses lisensi open-sourece.” Meskipun demikian hal ini akan berdampak pada penjualan Huawei khususnya untuk wilayah Eropa.”