Semua Bank Lokal Indonesia Berlomba-lomba Membuat Aplikasi Mobile Untuk Buka Rekening

Semua Bank Lokal Indonesia Berlomba-lomba Membuat Aplikasi Mobile Untuk Buka Rekening

Teknologi, Teknologi Handphone – Zaman digital semakin mencampakkan kantor cabang yang dipunyai bank. Ya memang karena sekarang ini orang-orang telah malas datang ke kantor cabang langsung kalau tidak butuh-butuh amat. Kalau hanya untuk transaksi kirim uang atau transfer, setor tunai, tarik tunai, bayar tagihan ini itu, semuanya telah dapat dikerjakan di mesin ATM, bahkan membuat rekening pun saat ini bisa dilakukan dalam genggaman (handphone).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menerangkan kalau sekarang ini perbankan menyadari jika orang-orang mengukur waktu menjadi semakin berharga. Fasilitas perbankan digital dikeluarkan oleh pihak bank agar nasabah dapat lebih produktif dan efisien.

“Pembukaan rekening melalui aplikasi mobile banking atau cara lain tanpa perlu ke kantor cabang ialah salah satu tujuan untuk mempersingkat waktu, untuk mempermudah dan tidak terikat waktu jam kerja bank,” ucap Jahja ketika berbincang dengan admin kami awal pekan lalu.

Berdasarkan penjelasan Jahja, Sekarang ini para generasi milenial sangat senang dengan hal yang praktis dalam hal perbankan. Karena itu pihak bank juga wajib mengakomodir keperluan dan mengikuti perkembangan, agar tidak ketinggalan oleh zaman.

“Dengan fasilitas digital yang ada sekarang ini, para nasabah tidak perlu lagi memiiki kartu fisik untuk melakukan transaksi. Semuanya bisa dikerjakan melalui Handphone,” jelas dia. Sekarang BCA telah mempunyai layanan pembukaan rekening di BCA Mobile yang diluncurkan pada tanggal 11 April 2017 lalu.

Bank milik negara, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kini juga mempunyai layanan pembukaan rekening melalui aplikasi yang dikeluarkan pada tanggal 27 Februari 2019 lalu. Fasilitas itu dikeluarkan untuk mengakomodasi kerpluan orang-orang di era serba digital ini, namanya aplikasi BRImo singkatan dari BRI Mobile.

Direktur BRI Handayani menerangkan transaksi memakai layanan digital ini agar para nasabah dan orang-orang bisa lebih mudah. Terutama pada bagian milenial, woman dan netizen.

Aplikasi ini juga mempersiapkan layanan tarik tunai tanpa kartu, lalu layanan mutasi rekening selama satu tahun terakhir. Ini yang sukar ditemui pada fasilitas perbankan lain.

Baik nasabah maupun calon nasabah, bisa membuka rekening BritAmaX dengan gampng melalui aplikasi. Untuk yang belum terdaftar sebagai nasabah, pendaftar bisa mengupload foto KTP, NPWP, tanda tangan digital dan foto pribadi.

Nantinya pihak bank BRI bakal melakukan verifikasi kepada nasabah. Setelah verifikasi selesai maka pihak nasabah yang membuka rekening bakal diminta melakukan setoran awal.

Kemudian Bank DBS juga mempunyai layanan bank berbasis mobile yang memakai teknologi inovatif mulai dari biometrik hingga kecerdasan buatan yang dikeluarkan pada tanggal 29 Agustus 2018. Berdasarkan website resmi dbs.com, Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna menerangkan sekarang ini pemakai internet dan smartphone tumbuh sangat pesat di Indonesia.

Dia menerangkan kalau perbankan sekarang ini telah mengamati perubahan perilaku para nasabah yang menginginkan cara sederhana dan praktis untuk melakukan setiap transaksi perbankan. “Kami mempunyai digibank agar para nasabah bisa melakukan kegiatan perbankan kapan saja dan dimana saja mereka mau.” jelas dia.

digibank mempunyai sejumlah sifat seperti pemakaian teknologi biometrik untuk memudahkan pengenalan identitas nasabah. Kemudian layanan 24/7 oleh asisten virtual yang bisa diajak mengobrol dengan para nasabah terkait dengan layanan perbankan.

Selain itu disematkan pula sifat perencanaan dan pengawasan finansial yang cerdas untuk menolong nasabah lebih bijak dalam pengelolaan uang. Soal keamanan digibank memakai one time password (OTP) via SMS yang memudahkan ketika bertransaksi.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) telah lebih dulu mengeluarkan aplikasi keuangan digital bernama Jenius yakni pada tanggal 11 Agustus 2016. Dari keterangan perseroan aplikasi ini dirancang dan dikembangkan untuk menolong orang-orang dalam mengatur life finance secara lebih gampang, cerdas dan aman melalui smartphone berbasis android maupun iOS.

Dengan Munculnya aplikasi-aplikasi mobile banking ‘tingkat tinggi’ ini rasanya bisa menjadi angin segar untuk perkembangan teknologi di dunia khususnya di negara Indonesia. Layanan digital menjadi kewajiban untuk bank demi memikat calon nasabah atau nasabah lama yang kini semakin jarang menginjakkan kaki mereka ke kantor cabang.

Memang, regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung inovasi perbankan digital. Sesuai dengan Peraturan OJK nomor 12 Tahun 2018. Beleid tersebut mengatur sejumlah layanan digital banking seperti video banking hingga layanan pengajuan kredit rumah oleh nasabah kepada perbankan.

Dalam aturan itu juga disebutkan, jika bank boleh membuka layanan rekening secara cepat melalui mesin ATM atau aplikasi smartphone. Bank juga bisa menambahkan fitur biometrik pemindian sidik jadi, kartu identitas hingga layanan video banking .

Salah satu bank BUMN, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sekarang ini juga sedang mengembangkan layanan digital banking full service ini. Namun sayang, pihak Bank Mandiri belum bersedia menerangkan detail aplikasi tersebut kepada pihak admin. “Lagi ditesting,” ujar Direktur Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans.

Pembukaan rekening tidak di kantor cabang sebenarnya bukanlah barang baru di kancah perbankan nasional. CIMB Niaga telah lebih dulu mempunyai layanan digital lounge yang berada di mall, perkantoran sampai kampus. Digital lounge juga melayani pembukaan rekening. Di sini, calon nasabah cuma perlu bertemu dengan satu orang customer service untuk proses transaksi. Setoran awal dilakukan di mesin ATM setor tunai. Pengisian formulir cuma memakai komputer tablet yang telah disediakan oleh digital lounge.

Sekarang ini, buka rekening bisa dilakukan mana saja dan kapan saja. Waktu lebih fleksibel sesuai keinginan kita, tidak perlu lagi ke kantor bahkan bisa dilakukan sambil tidur-tiduran di kasur kesayangan, tidak perlu lagi melakukan antrian untuk setor uang, tidak perlu lagi buku tabungan dan tidak perlu lagi kartu jika ingin melakukan penarikan uang di mesin ATM.