Gunakan Pandan Jika Ingin Menghilangkan Aroma Kurang Sedap di Kabin Mobil

Teknologi, Teknologi Otomotif – Ketika biker ingin mudik namun kabin mobil sering bau tidak sedap? Dicoba menggunakan daun pandan. Efeknya sama seperti kopi, akan menyerap bau-bau yang kurang sedap di dalam kabin mobil.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna ketika ditemui di Jakarta. “Jika ingin ada satu tips yang murah, menggunakan dauh pandan, diiris sekecil mungkin, ini nanti bau-nya akan seperti kacang hijau, namun tidak perlu banyak-banyak dan jangan terlalu lama, jika seminggu didiamkan di dalam mobil, justru akan tercium bau apek. Pandan ini sama seperti kopi menyerap aroma bau,” pungkasnya.

Suparna telah mempraktikkan sendiri tips murmer tersebut dalam mobilnya sedniri. Dan terkadang penumpang mobil suka dengan namanya penasaran kenapa di mobil Suparna suka ada pandan. “Ya saya taruh saja di pojok-pojok dasbor,” ucapnya.

Sementara jika ingin menggunakan kopi, bentuk kopinya sendiri bisa dalam bentuk serbuk atau biji, langsung diletakkasn pada bagian yang mengeluarkan aroma kurang sedap menggunakan tempat kecil.

“Kopi ini mempunyai khasiat menetralisir bau kurang sedap yang ada di kabin. Hanya perlu meletakkan saja, sampai bau tidak sedap tadi hilang atau tidak tercium lagi,” ucap Suparna.

Ketika sedang membersihkan mobil, suparna lebih menyarankan agar dilakukan pada ruang terbuka. Kondisi ini dilakukan untuk alasan ksehatan si pemilik mobil juga, agar debu atau kotoran yang ada di kabin bisa langsung keluar tidak terakumulasi di satu ruangan juga.

Tapi jika mobil sudah terlanjut sangat bau apek sekali karena bakteri, dia menyarankan salah satu solusinya yaitu menghilangkan bakteri dengan terapi ozone. “Baunya akan berbeda, kotoran yang menempel di plafon, terutama pada jok kain, karpet, lebih efektif membunuh bakteri, dengan mengondisikan itu mudik tidak terjadi kendala,” ucapnya.