Enggan Membawa Motor Suzuki 250cc ke Indonesia, Termasuk Dengan Gixxer SF 250

Teknologi, Teknologi Motor – Suzuki baru saja meluncurkan kendaraan roda dua pesain Honda CBR250RR dan Yamaha R25 di India, Suzuki Gixxer SF 250. Dijual dengan harga yang bisa dikatan murah yaitu sekitar Rp 35 juta (170.655 rupee), apakah akan masuk ke Indonesia?

Namun PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) selaku ATPM brand Suzuki di Indonesia melalui Manager Marketing 2W-nya, Banggas Pardede, menyampaikan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk hal tersebut. Karena, di dalam negeri popularitas motor dengan tenaga 250 cc masih belum memuaskan.

“Responnya cukup beragam, ya. Tapi jika market di Indonesia, kuncinya yaitu pada paket motor. Ya, secara desain mungkin bisa diterima namun motor tersebut menggunakan mesin SOHC. Nah bagaimana,” ucap Banggas di Jakarta Fair 2019, JLExpo Kemayoran, Jakarta.

“Ya jika ada segmen market yang cocok, maka kita akan masukkan dan survive, tidak menutup kemungkinan juga kita hadirkan. Namun jika ditanya sekarang ini, sementara sih masih belum ada perencanaan (untuk membawa Gixxer 250-Red). Market motor dengan tenaga 250cc sekarang ini juga kan masih belum tumbuh,” sambung Banggas.

Harus diketahui, SOHC merupakan singkatan dari Single Over Head Camshaft yang diartikan kepala silinder memiliki camshaft tunggal yang berfungsi sebagai pengatur katup masuk bahan bakar (intake) dan katup gas buang (exhaust). Tipe mesin tersebut masih belum populer di Indonesia.

Biasanya. motor yang mengaspal di jalanan tanah air yaitu bertipe mesih DOHC (Double Over Head Camshaft). Menggunakan jenis meisn tersebut, motor lebih mempunyai suara yang halus dengan performa yang pas alias mudah mendapatkan top speed.