BlackBerry Messeger Akan Berhenti Beroperasi 31 Mei 2019

Teknologi, Teknologi Media – BlackBerry Messenger atau yang lebih dikenal BBM mengonfirmasi akan menghentikan layanan chatting BlackBerry Messenger pada akhir bulan ini (31 Mei 2019).

Perihal diatas sisampaikan oleh pihak BlackBerry Messenger dalam blog resmi BBM pada hari Kamis 18 April 2019 lalu. “Hari Ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM!” tulis BBM. Hal ini juga disebar kepada pengguna BBM. Mereka akan menjumpai pesan perpisahan tersebut saat hendak membuka aplikasi BBM.

Berhentinya aplikasi BBM tentunya mengejutkan sebagian pihak yang saat ini masih aktif menggunakan BBM pasalnya, Aplikasi chating yang terkenal mengunakan identitas pengguna berupa nomor PIN ini sempat menjadi salah satu layanan chating terbaik dan populer di Indonesia. Pihak Blackberry mengungkapkan salah satu alasan menutup layanan chatting tersebut adalah sulitnya mendapatkan pengguna baru.

Namun, BBM juga telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat platform messanging terenkripsi end-to-end (BBMe). BBMe akan di berikan layanan secara gratis selama satu tahun namun, setelah itu pengguna akan dikenakan biaya sebesar US$2,49 atau Rp 34 ribu. selama 6 bulan. BBMe juga diharapkan akan meneruskan dan memperbaharui fitur fitur yang sebelumnya telah tersedia pada BBM.